Pandangan pers mahasiswa tentang judul artikel Clickbait pada media Suara.com: Studi Kasus pada anggota Lembaga Pers Mahasiswa Suaka

Fitriani, Fauziah (2024) Pandangan pers mahasiswa tentang judul artikel Clickbait pada media Suara.com: Studi Kasus pada anggota Lembaga Pers Mahasiswa Suaka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena clickbait merupakan judul yang dapat membuat pembaca penasaran dengan isi dari dalam berita atau artikel yang tersedia pada laman media online, clickbait ini juga termasuk judul yang dapat menarik perhatian, diketahui bahwa bahasa yang digunakan oleh clickbait biasanya mengmedigunakan bahasa yang bersifat provokatif dan sensasional agar menarik perhatian pembaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan pers mahasiswa tentang ketertarikan judul artikel clickbait pada media Suara.com, bagaimana pandangan pers mahasiswa menanggapi kesesuaian dan ketidaksesuaian antara isi dan judul artikel clickbait di media Suara.com. pada penelitian ini juga akan menjelaskan jenis clickbait yang menarik untuk diterapkan pada artikel clickbait dan seberapa penting media online menerapkan fenomena clickbait. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menerapkan konsep opini publik. Penerapan konsep opini publik ini dapat dilihat dari kebutuhan peneliti dalam membutuhkan pandangan tentang clickbait di media Suara.com, hingga konsep ini dianggap relevan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus Robert K Yin dengan pertanyaan yang menggunakan how atau why. Tujuan memilih studi kasus untuk mengetahui atau menggali informasi lebih dalam tentang suatu kasus (clickbait) baik dari sisi ketertaikan dan kesesuaian judul dari pandangan pers mahasiswa. Hasil penelitian memperoleh bahwa Lembaga Pers Mahasiswa Suaka menyetujui bahwa judul artikel yang menerapkan fenomena clickbait menarik perhatian pembaca. Fenomena clickbait sering kali diterapkan pada media online ini di bagian judulnya sehingga hal ini benar, bahwa judul artikel clickbait di Suara.com menarik perhatian pembaca. Jenis clickbait yang menarik diterapkan dengan fenomena clickbait yakni bait-and-switch, exaggeration, teasing, serta ambigous. Masing-masing jenis memiliki strategi unik untuk menarik perhatian pembaca, baik melalui penggunaan informasi tersirat, hiperbola, godaan, penegasan formatting, atau deskripsi eksplisit secara langsung. meskipun clickbait disebut untuk menarik perhatian pembaca pada media online khususnya media suara.com, beberapa artikel Suara.com sering kali tidak sesuai dengan isi konten sebenarnya. Namun beberapa informan mengakui bahwa meskipun menggunakan clickbait, isi artikel Suara.com masih memiliki kesesuaian dengan judul dibandingkan media lain. Kata Kunci: Clickbait, Media Online, Pers Mahasiswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Clickbait; Media Online; Pers Mahasiswa
Subjects: Special Computer Methods > Online Social Network
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Fauziah Fitriani Fitriani
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:01
Last Modified: 10 Sep 2024 08:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97554

Actions (login required)

View Item View Item