Strategi kreatif content creator dalam dakwah di media sosial: Studi Etnografi Virtual akun Instagram @alfatahar_

Margana, Indra (2024) Strategi kreatif content creator dalam dakwah di media sosial: Studi Etnografi Virtual akun Instagram @alfatahar_. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (805kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan strategi pembuatan, proses pembuatan, penerapan evaluasi, serta autentik dan identitas etnografi virtual pada akun Instagram @alfatahar_. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi etnografi virtual. Teori yang digunakan adalah strategi kreatif dari Karen Freberg, teori berpikir kreatif dari Chris Griffiths & Melina Costi, serta teori etnografi virtual dari Christine Hine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah kreatif pada akun Instagram @alfatahar_ meliputi empat aspek, yaitu: Pertama, strategi pembuatan konten menekankan fleksibilitas, inspirasi dari kreator lain dan pengembangan konten berbasis keahlian pribadi. Kedua, proses pembuatan konten fokus pada pendekatan personal, estetika visual dan konsistensi kualitas. Ketiga, penerapan evaluasi menitikberatkan pada pencatatan data, analisis umpan balik dan pemantauan hasil. Keempat, aspek autentik dan identitas menekankan personal branding, konsistensi gaya, dan refleksi pengalaman pribadi. Berdasarkan penemuan ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Alfatahar dalam pembuatan konten menekankan fleksibilitas, personalisasi, dan evaluasi yang terstruktur untuk menciptakan identitas digital yang konsisten dan autentik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dakwah Media Sosial; Content Creator; Strategi Kreatif; Etnografi Virtual
Subjects: Islam
Islam > Other Practices
Islam > Islamic Ethics, Practice
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Indra Margana
Date Deposited: 10 Sep 2024 04:01
Last Modified: 10 Sep 2024 04:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97612

Actions (login required)

View Item View Item