Margana, Indra (2024) Strategi kreatif content creator dalam dakwah di media sosial: Studi Etnografi Virtual akun Instagram @alfatahar_. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (805kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan strategi pembuatan, proses pembuatan, penerapan evaluasi, serta autentik dan identitas etnografi virtual pada akun Instagram @alfatahar_. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi etnografi virtual. Teori yang digunakan adalah strategi kreatif dari Karen Freberg, teori berpikir kreatif dari Chris Griffiths & Melina Costi, serta teori etnografi virtual dari Christine Hine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dakwah kreatif pada akun Instagram @alfatahar_ meliputi empat aspek, yaitu: Pertama, strategi pembuatan konten menekankan fleksibilitas, inspirasi dari kreator lain dan pengembangan konten berbasis keahlian pribadi. Kedua, proses pembuatan konten fokus pada pendekatan personal, estetika visual dan konsistensi kualitas. Ketiga, penerapan evaluasi menitikberatkan pada pencatatan data, analisis umpan balik dan pemantauan hasil. Keempat, aspek autentik dan identitas menekankan personal branding, konsistensi gaya, dan refleksi pengalaman pribadi. Berdasarkan penemuan ini, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Alfatahar dalam pembuatan konten menekankan fleksibilitas, personalisasi, dan evaluasi yang terstruktur untuk menciptakan identitas digital yang konsisten dan autentik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dakwah Media Sosial; Content Creator; Strategi Kreatif; Etnografi Virtual |
Subjects: | Islam Islam > Other Practices Islam > Islamic Ethics, Practice Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Indra Margana |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 04:01 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 04:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97612 |
Actions (login required)
View Item |