Pengaruh penggunaan aplikasi KIMI untuk meningkatkan keterampilan reseptif bahasa Inggris: Penelitian quasi eksperimen di MI Cahaya Kota Cimahi

Hannum, Alya Azhar Fawaz (2024) Pengaruh penggunaan aplikasi KIMI untuk meningkatkan keterampilan reseptif bahasa Inggris: Penelitian quasi eksperimen di MI Cahaya Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di MI Cahaya, berdasarkan hasil wawancara kepada guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan observasi kepada peserta didik kelas tiga bahwa keterampilan reseptif peserta didik masih rendah. Hal tersebut dilihat dari peserta didik yang masih mengobrol selama pembelajaran dan tidak menanamkan rasa ingin tahu dengan membaca. 45 persen dari 77 peserta didik masih memiliki kemampuan mendengarkan yang buruk. Disebabkan oleh peserta didik yang tidak yakin akan kemampuannya dalam menyajikan kembali materi di depan kelas. Adapun tujuan penelitian ini yang bertujuan 1) untuk mengetahui keterampilan reseptif Bahasa Inggris peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebelum menggunakan aplikasi KIMI. 2) untuk mengetahui penerapan aplikasi KIMI dalam pembelajaran Bahasa Inggris. 3) untuk mengetahui keterampilan reseptif Bahasa Inggris peserta didik setelah diterapkan aplikasi KIMI. Penggunaan aplikasi KIMI dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan reseptif dan menunjang dalam pembelajaran. Penelitian ini diperoleh dari 50 orang responden dengan metode yang digunakan berupa kuantitatif menggunakan pendekatan quasi eksperimen dan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yangdigunakan yaitu 1) uji normalitas 2) uji homogenitas 3) uji perbedaan dua rerata,dan 4) uji n-gain. Hasil dari penelitian ini memperoleh data dari kedua kelompok dinyatakan berdistribusi normal, bervarians sama, terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan dari kelas eksperimen dengan kelas kontrol dan terjadi peningkatan dan penurunan pada keterampilan reseptif Bahasa Inggris di kelas tiga MI Cahaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: aplikasi KIMI; keterampilan reseptif; bahasa inggris
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
English
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hannum Alya Azhar Fawaz
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:49
Last Modified: 10 Sep 2024 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97621

Actions (login required)

View Item View Item