Pengelolaan Cyber Public Relations pada akun Instagram @jajanan.banjaran

Nadhifa, Nasywa (2024) Pengelolaan Cyber Public Relations pada akun Instagram @jajanan.banjaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Cyber public relations adalah sesuatu kegiatan yang dilakukan melalui teknologi atau biasa dikenal dengan media internet dengan biasa dijadikan sebagai sarana publisitas dengan bertujuan untuk membangun sebuah hubungan komunikasi antar audiens dengan yang lainnya, secara interaktif untuk menghasilkan banyaknya relasi yang baik, reputasi yang baik serta relevan. Seperti yang dilakukan oleh Instagram @jajanan.banjaran yang membagikan informasi mengenai jajanan yang berada di daerah Banjaran Kabupaten Bandung. Akun instagram @jajanan.banjaran membagikan konten video, mengenai tempat kuliner seperti informasi mengenai makanan – makanan yang sedang viral. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendetail dalam bentuk kata�kata mengenai kegiatan Cyber public relations yang dilakukan oleh akun @Jajanan.banjaran dalam menyebarkan informasi melalui Instagram berdasarkan konsep 4C David Armono, yang meliputi cara pembuatan konten, konteks, konektivitas, dan kontinuitas. Penelitian ini menggunakan konsep 4C David Armono yang dapat membantu praktisi untuk mengoperasikan media sosial. Bagian dari 4C ini dalam media sosial yaitu : Content, Context, Connectivty, dan Continuity. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipan pasif. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun @jajanan.banjaran telah melakukan proses kegiatan pengelolaan melalui empat tahapan berdasarkan konsep 4C David Armano, yaitu: 1) Aspek content, yaitu menentukan ide konten untuk menjaga fokus dan produktivitas, Perencanaan konten yang terstruktur dan menetapkan fokus konten. 2) Aspek context, yaitu memilih instagram sebagai platform utama karena jangkauannya yang luas. 3) Aspek Connectivity, yaitu meningkatkan interaksi dengan audiens melalui kuesioner di instagram story. 4) Aspek Continuity yaitu dengan menjaga konsistensi konten dengan membuat daftar ide konten, menguji respons audiens, dan menyusun jadwal posting mingguan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cyber Public Relations; Media Sosia; Pengelolaan Media Sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasywa Nadhifa
Date Deposited: 12 Sep 2024 02:47
Last Modified: 12 Sep 2024 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97814

Actions (login required)

View Item View Item