Rembulan, Gisna Prima (2024) Pengelolaan Cyber Public Relations melalui Instagram @masjidrayaaljabbar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
Abstract
Media sosial muncul sebagai hasil dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Pada saat ini banyak lembaga yang memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan publiknya. Masjid Raya Al-Jabbar menggunakan Instagram sebagai sarana untuk mendukung penyebaran informasi. Cyber Public Relation dalam dunia digital dapat dilakukan melalui berbagai platfrom media sosial, termasuk Instagram. Kegiatan Cyber Public Relation yang dilakukan melalui Instagram akan membantu mempromosikan Instagram @masjidrayaaljabbar dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Cyber Public Relations melalui Instagram @Masjidrayaaljabbar menggunakan konsep 4C Public Relations yang terdiri dari konten, konteks, konektivitas, kontinuitas. Penelitian ini diteliti menggunakan konsep yang dikemukakan oleh David Armano yaitu konsep 4C Public Relations. Konsep ini membahas mengenai pengelolaan media sosial dari empat aspek yaitu aspek konten, konteks, konektivitas dan kontinuitas. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang memberikan gambaran informasi mengenai kegiatan cyber public relations pada Instagram Masjid Raya Al-Jabbar. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi partisipatori pasif dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Masjid Raya Al-Jabbar melakukan kegiatan cyber public relations dalam 4 tahapan. 1) penentuan konten yang dilakukan dalam dua cara yaitu menentukan ide konten dan melakukan perencanaan konten. 2) konteks konten yang terdiri dari pemilihan media Instagram, penyesuaian postingan dengan audiens dan strategi konteks. 3) konektivitas konten yang terdiri dari Q&A, menyapa audiens dengan sapaan ’wargi’, dan konektivitas dengan pejabat. 4)kontinuitas konten yang terdiri dari konsistensi memposting, evaluasi rutin, jadwal posting terencana, dan proses screening ketat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Masjid Raya Al-Jabbar mengelola kegiatan cyber public relations melalui media sosial Instagram dengan memastikan pengelolaan konten yang berkualitas dan berevaluasi terhadap perbaikan yang diperlukan. Masjid Raya Al-Jabbar melakukan kegiatan pengelolaan cyber public relations sesuai dengan konsep 4C Public Relations yang dikemukakan oleh David Armano.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep 4C; Pengelolaan Konten; Cyber Public Relations |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Gisna Prima Rembulan |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 02:35 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 02:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98150 |
Actions (login required)
View Item |