Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pencegahan perilaku Bullying santri kelas VIII Putri : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persatuan Islam Tarogong Garut

Nursyahbani, Rahmi (2024) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pencegahan perilaku Bullying santri kelas VIII Putri : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Persatuan Islam Tarogong Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri tanpa berinteraksi dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia membentuk kelompok dan komunitas untuk memenuhi kebutuhan emosional, intelektual, dan fisiknya. Di lingkungan sekolah, interaksi antara santri, guru dan teman sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan produktif. Layanan bimbingan kelompok, sebagai bentuk interaksi sosial terstruktur, dapat sangat bermanfaat dalam membantu santri mengatasi berbagai masalah, termasuk masalah perilaku seperti bullying. Layanan bimbingan kelompok dapat membuat santri menjadi bagian dalam kelompok untuk bekerja sama mencapai suatu tujuan yang sama, hal tersebut dapat membentuk diri santri memiliki kemampuan hubungan interaksi atau komunikasi yang baik yang dapat terhindar dari perilaku bullying. Madrasah Tsanawiyah Persatuan Islam Tarogong Garut memiliki program layanan bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku bullying karena perilaku bullying sedang marak terjadi zaman zekarang pada santri tingkat menengah pertama, sehingga diharapkan adanya layanan bimbingan kelompok dapat meminimalisir perilaku bullying pada santri. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pencegahan perilaku bullying santri putri kelas VIII (penelitian di madrasah tsanawiyah persatuan Islam Tarogong Garut). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasional, dengan jumlah populasi berjumlah 180 santri putri kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Persatuan Islam Tarogong Garut. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional random sampling atau sampel acak, sampel campur yaitu cara pengambilan sampel secara random di dalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama. Sampel dalam penelitian adalah santri putri kelas VIII MTs. Persis Tarogong Garut. Hasil dari penelitian melalui uji regresi linear sederhana, menunjukkan bahwa dengan nilai signifakansi sebesar 0.000 < α 0.005 maka H1 diterima sementara H0 ditolak artinya terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku bullying. Pengaruhnya sebesar -1,029, analisis regresi bernilai negatif yang menunjukkan bahwa setiap peningkatan 1% itu akan bernilai kebalikan yakni jika positif meningkat berarti jika negatif akan menurun, maka dapat disimpulkan dalam layanan bimbingan kelompok akan berkontribusi pada penurunan sebesar -1,029 dalam perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Perilaku Bullying Santri
Subjects: Education, Research
Ethics of Social Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nursyahbani Rahmi
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:00
Last Modified: 12 Sep 2024 03:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98163

Actions (login required)

View Item View Item