Penerapan model Collaborative in Questioning, Analysing, Synthesizing, and Evaluating (CINQASE) terhadap pendekatan Student Active Learning (SAL) terhadap kemampuan spasial matematis

Az-Zahra, Flora Kamila (2024) Penerapan model Collaborative in Questioning, Analysing, Synthesizing, and Evaluating (CINQASE) terhadap pendekatan Student Active Learning (SAL) terhadap kemampuan spasial matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan spasial matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika. Namun, pada kenyataan dilapangan perkembangan kognitif dan pencapaian akademik pada kemampuan spasial sangatlah lemah dan harus ditingkatkan lagi. Tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Mengetahui tingkat atau persentase aktivitas belajar peserta didik setelah diterapkan model CINQASE dengan pendekatan SAL dibandingkan dengan peserta didik dengan pembelajaran konvensional. (b) Untuk melihat respon belajar peserta didik disekolah setelah diterapkan pembelajaran dengan model CINQASE dengan pendekatan SAL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Negeri 23 Jakarta. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan spasial matematis peserta didik melalui pembelajaran model CINQASE lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional dan juga respon peserta didik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model CINQASE termasuk ke dalam kategori positif, yang artinya pembelajaran model CINQASE mendapatkan respon yang baik dari sebagian besar peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial Matematis; CINQASE; Respon
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Geometry > Trigonometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Flora Kamila Az Zahra
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:44
Last Modified: 13 Sep 2024 07:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98249

Actions (login required)

View Item View Item