Salsabila, Rifa (2024) Implementasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
||
|
Text
6_BAB 3.pdf Download (472kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
Abstract
Kedisiplinan belajar merupakan faktor krusial dalam pendidikan yang berdampak signifikan terhadap pembelajaran dan prestasi siswa. Di MTsN 2 Kota Bandung, ditemukan beberapa masalah terkait kedisiplinan belajar siswa, seperti ketidakikutsertaan dalam kegiatan sekolah dan keterlambatan masuk kelas. Fenomena ini memerlukan perhatian serius dan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan strategi MTsN 2 Kota Bandung dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, mengidentifikasi teknik Guru BK dalam memberikan layanan bimbingan kelompok, serta menunjukkan hasil yang telah dicapai dari implementasi bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MTsN 2 Kota Bandung. Landasan teori penelitian mengacu pada konsep bimbingan kelompok sebagai salah satu bentuk layanan Bimbingan dan Konseling yang diberikan kepada sekelompok peserta didik. Teori Kognitif-Behavioral digunakan sebagai pendekatan dalam bimbingan kelompok, menekankan keterkaitan antara pikiran, emosi, dan tindakan individu dalam konteks kedisiplinan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti berupaya untuk menguraikan proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan menjelaskan hasil yang diperoleh dari implementasinya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok optimal dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTsN 2 Kota Bandung. Program ini dilaksanakan secara terstruktur dan komprehensif, mengintegrasikan teori dan praktik melalui pendekatan yang menggabungkan metode positif dan negatif. Meskipun terdapat kendala utama berupa keterbatasan waktu, program ini berhasil menciptakan perubahan positif pada sebagian besar siswa, terutama dalam hal ketepatan waktu, penyelesaian tugas, dan perilaku di kelas. Bimbingan kelompok ini menujukan potensi sebagai sarana optimal dalam membentuk perilaku disiplin dan mendukung perkembangan holistik siswa di MTsN 2 Kota Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan Belajar; Bimbingan Kelompok; Siswa MTsN |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Rifa Rifa Salsabila |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:06 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98275 |
Actions (login required)
View Item |