Implementasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar

Salsabila, Rifa (2024) Implementasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
6_BAB 3.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan faktor krusial dalam pendidikan yang berdampak signifikan terhadap pembelajaran dan prestasi siswa. Di MTsN 2 Kota Bandung, ditemukan beberapa masalah terkait kedisiplinan belajar siswa, seperti ketidakikutsertaan dalam kegiatan sekolah dan keterlambatan masuk kelas. Fenomena ini memerlukan perhatian serius dan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan strategi MTsN 2 Kota Bandung dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, mengidentifikasi teknik Guru BK dalam memberikan layanan bimbingan kelompok, serta menunjukkan hasil yang telah dicapai dari implementasi bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar di MTsN 2 Kota Bandung. Landasan teori penelitian mengacu pada konsep bimbingan kelompok sebagai salah satu bentuk layanan Bimbingan dan Konseling yang diberikan kepada sekelompok peserta didik. Teori Kognitif-Behavioral digunakan sebagai pendekatan dalam bimbingan kelompok, menekankan keterkaitan antara pikiran, emosi, dan tindakan individu dalam konteks kedisiplinan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti berupaya untuk menguraikan proses pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan menjelaskan hasil yang diperoleh dari implementasinya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MTsN 2 Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok optimal dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTsN 2 Kota Bandung. Program ini dilaksanakan secara terstruktur dan komprehensif, mengintegrasikan teori dan praktik melalui pendekatan yang menggabungkan metode positif dan negatif. Meskipun terdapat kendala utama berupa keterbatasan waktu, program ini berhasil menciptakan perubahan positif pada sebagian besar siswa, terutama dalam hal ketepatan waktu, penyelesaian tugas, dan perilaku di kelas. Bimbingan kelompok ini menujukan potensi sebagai sarana optimal dalam membentuk perilaku disiplin dan mendukung perkembangan holistik siswa di MTsN 2 Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar; Bimbingan Kelompok; Siswa MTsN
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rifa Rifa Salsabila
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:06
Last Modified: 17 Sep 2024 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98275

Actions (login required)

View Item View Item