Septiani, Fania Esa (2024) Pembelajaran berdiferensiasi matematis berbantuan nearpod untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan disposisi matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I (3).pdf Download (880kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
8_BAB V (2).pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir komputasi dalam mengembangkan keterampilan analitis dan pemecahan masalah matematika sejatinya menjadi tuntutan pendidik dan peserta didik. Namun kualitas peserta didik dalam berpikir komputasi matematika masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pembelajaran berdiferensiasi berbantuan Nearpod terhadap kemampuan berpikir komputasi dan disposisi matematis siswa. Desain kuasi-eksperimen digunakan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dengan metode pembelajaran konvensional. Studi ini melibatkan dua kelompok siswa kelas tujuh di SMPN 2 Sumedang. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Nearpod, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan: tes kemampuan berpikir komputasi dan non tes sikap disposisi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir komputasi antara siswa yang menerima pembelajaran berdiferensiasi berbantuan Nearpod dan pembelajaran konvensional, berdasarkan gender (laki-laki, perempuan). Pembelajaran berdiferensiasi dengan Nearpod memfasilitasi proses konstruksi konsep, interaksi dan refleksi sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan disposisi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berdiferensiasi; Berpikir Komputasi; Disposisi Matematis; Nearpod |
Subjects: | Mathematics Algebra |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fania Esa Septiani |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 04:05 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 04:06 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98490 |
Actions (login required)
View Item |