Pembelajaran berdiferensiasi matematis berbantuan nearpod untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan disposisi matematis

Septiani, Fania Esa (2024) Pembelajaran berdiferensiasi matematis berbantuan nearpod untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan disposisi matematis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I (3).pdf

Download (880kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_BAB V (2).pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)

Abstract

Kemampuan berpikir komputasi dalam mengembangkan keterampilan analitis dan pemecahan masalah matematika sejatinya menjadi tuntutan pendidik dan peserta didik. Namun kualitas peserta didik dalam berpikir komputasi matematika masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pembelajaran berdiferensiasi berbantuan Nearpod terhadap kemampuan berpikir komputasi dan disposisi matematis siswa. Desain kuasi-eksperimen digunakan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dengan metode pembelajaran konvensional. Studi ini melibatkan dua kelompok siswa kelas tujuh di SMPN 2 Sumedang. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Nearpod, sedangkan kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan: tes kemampuan berpikir komputasi dan non tes sikap disposisi matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir komputasi antara siswa yang menerima pembelajaran berdiferensiasi berbantuan Nearpod dan pembelajaran konvensional, berdasarkan gender (laki-laki, perempuan). Pembelajaran berdiferensiasi dengan Nearpod memfasilitasi proses konstruksi konsep, interaksi dan refleksi sehingga mampu meningkatkan kemampuan berpikir komputasi dan disposisi siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Berdiferensiasi; Berpikir Komputasi; Disposisi Matematis; Nearpod
Subjects: Mathematics
Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fania Esa Septiani
Date Deposited: 18 Sep 2024 04:05
Last Modified: 18 Sep 2024 04:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98490

Actions (login required)

View Item View Item