Alwafa, Nusaibah (2024) Keterampilan berpikir kritis siswa melalui model reading, identifying, constructing, solving, reviewing, extending (RICOSRE) terintegrasi flipped classroom pada materi ekologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (359kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang esensial pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui model RICOSRE terintegrasi Flipped classroom pada materi ekologi. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terlaksana sangat baik (97%). Baiknya kualitas pembelajaran ini direspons kuat oleh siswa yang memperoleh persentase sebesar 78,8%. Sejalan dengan aktivitas siswa yang memperoleh persentase dengan kategori sangat baik (97%). Hasil keterlaksanaan guru dan siswa, serta respons siswa mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan perolehan N-Gain yang tinggi (0,71). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol pada materi ekologi. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa model RICOSRE terintegrasi Flipped classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekologi. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi pengaruh keterlibatan orang tua dalam pembelajaran di rumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis; RICOSRE; Flipped classroom |
Subjects: | Education Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nusaibah Alwafa 1202060068 |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 04:12 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 04:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98513 |
Actions (login required)
View Item |