Keterampilan berpikir kritis siswa melalui model reading, identifying, constructing, solving, reviewing, extending (RICOSRE) terintegrasi flipped classroom pada materi ekologi

Alwafa, Nusaibah (2024) Keterampilan berpikir kritis siswa melalui model reading, identifying, constructing, solving, reviewing, extending (RICOSRE) terintegrasi flipped classroom pada materi ekologi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (359kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang esensial pada abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui model RICOSRE terintegrasi Flipped classroom pada materi ekologi. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran terlaksana sangat baik (97%). Baiknya kualitas pembelajaran ini direspons kuat oleh siswa yang memperoleh persentase sebesar 78,8%. Sejalan dengan aktivitas siswa yang memperoleh persentase dengan kategori sangat baik (97%). Hasil keterlaksanaan guru dan siswa, serta respons siswa mendukung peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan perolehan N-Gain yang tinggi (0,71). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol pada materi ekologi. Kelas eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa model RICOSRE terintegrasi Flipped classroom efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi ekologi. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk mengeksplorasi pengaruh keterlibatan orang tua dalam pembelajaran di rumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis; RICOSRE; Flipped classroom
Subjects: Education
Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nusaibah Alwafa 1202060068
Date Deposited: 17 Sep 2024 04:12
Last Modified: 17 Sep 2024 04:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98513

Actions (login required)

View Item View Item