Meningkatkan kemampuan penalaran matematis menggunakan Read Answer Discuss Explain Create (RADEC) berbantu media 3D pada mata pelajaran matematika di kelas V MI Uswatun Hasanah Sukabumi

Kholisah, Siti (2024) Meningkatkan kemampuan penalaran matematis menggunakan Read Answer Discuss Explain Create (RADEC) berbantu media 3D pada mata pelajaran matematika di kelas V MI Uswatun Hasanah Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Pelajaran Matematika merupakan sebagai suatu proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif mengkonstruki pengetahuan matematika. Kecenderungan yang menyebabkan siswa gagal menguasai dengan baik pokok-pokok bahasan dalam matematika yaitu siswa kurang memahami dan menggunakan nalar yang baik dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran RADEC berbantu media 3D dengan model pembelajaran discovery learning, serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran RADEC berbantu media 3D dengan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini ialah pretest (tes awal) dan postest (tes akhir), pretest diberikan di awal pembelajaran sebelum diberi perlakuan dengan memberikan 5 soal uraian, guna mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa sebelum pemberian perlakuan. Sedangkan posttest dilakukan di akhir setelah pemberian perlakuan untuk dapat mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Uji pretest dan posttest menggunakan uji normalitas data serta pengujian rata-rata hasil peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan uji N-gain score. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen sebesar 48,10 “kurang”, Sedangkan rata-rata nilai pretest kelas kontrol sebesar 41,10 “kurang”. Adapun rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 80,05 “baik”, sedangkan rata-rata nilai posttest di kelas kontrol 61 “cukup”. Adapun nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,61 termasuk kategori cukup efektif, sementara nilai rata-rata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,34 termasuk kategori tidak efektif. Pada hasil uji t menunjukan bahwa hasil Sig. sebesar 0,000 data tersebut berada pada nilai signifikasi <0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran RADEC berbantu media 3D dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penalaran; Matematika; Radec; Media 3D; Discovery Learning;
Subjects: Elementary Education
Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: siti kholisah
Date Deposited: 20 Sep 2024 01:03
Last Modified: 20 Sep 2024 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98559

Actions (login required)

View Item View Item