Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bulliying siswa di Lingkungan Sekolah: Studi korelasional pada siswa kelas XI dan XII MA Al_Musdariyah Cileunyi

Noviani, Cisela Eka (2011) Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bulliying siswa di Lingkungan Sekolah: Studi korelasional pada siswa kelas XI dan XII MA Al_Musdariyah Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi yang banyak menimbulkan kesulitan-kesulitan dalam penyesuaian terhadap dirinya maupun terhadap lingkungannya. Mengingat masa remaja merupakan masa yang banyak dipengaruhi oleh lingkungan dan teman­-teman sebaya, untuk menghindari hal-hal negatif yang dapat merugikan dirinya sendiri dan orang lain, remaja hendaknya memahami dan memiliki apa yang disebut kecerdasan emosi. Menurut Darajat (1995), apabila remaja mampu menyadari dan mengendalikan emosi, maka mereka akan mempunyai sikap yang stabil. Kegagalan dalam memahami dan mengomunikasikan emosi dengan cara yang tepat akan membuat individu rentan terhadap konflik dengan orang lain yang seharusnya tak perlu terjadi (Shapiro, 1999). orang dengan kecerdasan emosi yang baik akan mengendalikan perilaku dan emosi dalam kesehariaannya, sehingga ia tidak akan melakukan perilaku negatif seperti bullying. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh data empirik mengenai hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying di lingkungan sekolah MA Al­-Musdariyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populatif karena seluruh anggota populasi dijadikan subjek penelitian. Populasi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII (angkatan 2009) dan XI (angkatan 2010).Alat ukur yang digunakan adalah berupa skala yang dibuat sendiri oleh peneliti yang dikembangkan berdasarkan teori di atas. Hasil analisis data, menunjukkan bahwa koefisien korelasi kedua variabel sebesar ­0.418. Dari hasil perhitungan, dengan derajat kepercayaan sebesar 95% (a=0,05), diketahui bahwa (t)hitung_S -tase. Ini berarti bahwa H, ditolak dan H diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan perilaku bullying siswa di MA Al-Musdariyah dengan tingkat korelasi yang sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosi; Pendidikan; bullying; perundungan
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Education > Ethical Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: PKL1 Uninus
Date Deposited: 26 Sep 2024 02:46
Last Modified: 26 Sep 2024 02:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98674

Actions (login required)

View Item View Item