Dampak teknologi komunikasi terhadap eksistensi para pedagang pasar tradisional di era modern: Studi tentang pedagang tradisional Telagasari di Kabupaten Karawang

Azizah, Salwa Nur (2024) Dampak teknologi komunikasi terhadap eksistensi para pedagang pasar tradisional di era modern: Studi tentang pedagang tradisional Telagasari di Kabupaten Karawang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengkaji mengenai teknologi komunikasi terhadap eksistensi para pedagang pasar tradisional di era modern. Penelitian ini difokuskan pada pedagang pasar tradisional yang berada di Kabupaten Karawang, yaitu pedagang pasar Telagasari. Alasan pedagang pasar Telagasari ini dijadikan sebagai fokus penelitian karena lokasi tersebut masih banyak pedagang pasar yang bertahan di tengah pedagang pasar tradisional yang menutup usahanya dengan menjaga nilai lokal serta budaya yang terdapat pada pasar Telagasari. Berdasarkan permasalahan di atas, maka tujuan penelitian: 1) mengetahui persepsi para pedagang pasar tradisional Telagasari, Kabupaten Karawang terhadap teknologi komunikasi di era modern, 2) mengetahui bagaimana dampak teknologi komunikasi terhadap eksistensi para pedagang pasar tradisional Telagasari, Kabupaten Karawang di era modern dan 3) mengetahui nilai-nilai lokal dan budaya berperan dalam mempertahankan eksistensi pedagang pasar tradisional Telagasari, Kabupaten Karawang di tengah arus Modernisasi. menuju modern. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Observasi yang dilakukan dengan observasi nonpartisipan. Penelitian ini melibatkan 13 informan yaitu 8 orang pedagang, 4 orang pembeli dan 1 orang kepala pasar. Teknik analisi data pada penelitian ini menggunakan metode analisis narasi untuk mengemati dan mengumpulkan data dari informan yang telah diwawancarai kemudian disajikan dalam bentuk narasi. Adapun tahapan analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Dengan menggunakan teori modernitas Anthony Giddens dan teori perubahan sosial William F. Ogburn sebagai kerangka teoritisnya yang menyatakan bahwa peran agen sosial dalam membentuk masyarakat modern serta masyarakat mengalami transformasi dari tradisional menuju modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hadirnya teknologi komunikasi mempunyai dampak negatif dan positif terhadap para pedagang pasar tradisional Telagasari di Kabupaten Karawang. Meskipun teknologi komunikasi semakin berkembang, pasar tradisional Telagasari masih mempertahankan eksistensinya di era saat ini. Dengan nilai-nilai lokal yang terdapat di pasar tradisional Telagasari, pasar tradisional dapat bertahan di tengah gempuran teknologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Komunikasi; Eksistensi; Pedagang; Pasar Tradisional;
Subjects: Social Process > Social Change
Commerce, Trade > Retail Trade
Technology, Applied Sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Salwa Nur Azizah
Date Deposited: 18 Sep 2024 03:12
Last Modified: 18 Sep 2024 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98695

Actions (login required)

View Item View Item