Penerapan e-modul inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi

Sari, Nyimas Endang Permata (2024) Penerapan e-modul inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy

Abstract

Ketercapaian tujuan pendidikan pada abad 21 mengharuskan peserta didik untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Namun, pada kenyataanya setelah melakukan studi pendahuluan keterampilan berpikir kritis peserta didik masih sangat rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis yaitu belum maksimal dalam memanfaatkan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-Modul Liveworksheet Inkuiri Terbimbing dan menggunakan model Inkuiri Terbimbing serta meninjau peningkatan keterampilan berpikir kritis diukur dari nilai Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. SMAN 4 Subang menjadi tempat penelitian ini dengan menggunakan 2 sampel penelitian kelas XI F3 dan XI F4 dengan jumlah 35 peserta didik pada tiap kelas. Efektivitas keterlaksanaan pembelajaran menggunakan AABTLT with SAS, kelas eksperimen pertemuan pertama sebesar 68%, pertemuan kedua sebesar 79%, pertemuan ketiga sebesar 86% rata-rata presentase 78% kategori efektif. Efektivitas keterlaksanaan pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model yang sama tanpa menerapkan e-modul liveworksheet pada pertemuan pertama 68%, pada pertemuan kedua 70%, pada pertemuan ketiga 75% rata-rata presentase 71% kategori efektif. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,67 kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,58% kategori sedang. Uji hipotesis menggunakan independent sample t test menunjukkan bahwa nilai 0,000 < sig (0,05) maka hasil yang diperoleh H_0 ditolak dan H_1diterima sehingga terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-Modul; Inkuiri Terbimbing; Liveworksheet; Keterampilan Berpikir Kritis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Nyimas Endang Permata Sari
Date Deposited: 20 Sep 2024 06:20
Last Modified: 20 Sep 2024 06:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98878

Actions (login required)

View Item View Item