Sari, Nyimas Endang Permata (2024) Penerapan e-modul inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTARISI)
3_Daftarisi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
||
Text (BAB II)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTARPUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Ketercapaian tujuan pendidikan pada abad 21 mengharuskan peserta didik untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Namun, pada kenyataanya setelah melakukan studi pendahuluan keterampilan berpikir kritis peserta didik masih sangat rendah. Penyebab rendahnya keterampilan berpikir kritis yaitu belum maksimal dalam memanfaatkan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-Modul Liveworksheet Inkuiri Terbimbing dan menggunakan model Inkuiri Terbimbing serta meninjau peningkatan keterampilan berpikir kritis diukur dari nilai Pretest-Posttest. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. SMAN 4 Subang menjadi tempat penelitian ini dengan menggunakan 2 sampel penelitian kelas XI F3 dan XI F4 dengan jumlah 35 peserta didik pada tiap kelas. Efektivitas keterlaksanaan pembelajaran menggunakan AABTLT with SAS, kelas eksperimen pertemuan pertama sebesar 68%, pertemuan kedua sebesar 79%, pertemuan ketiga sebesar 86% rata-rata presentase 78% kategori efektif. Efektivitas keterlaksanaan pembelajaran di kelas kontrol menggunakan model yang sama tanpa menerapkan e-modul liveworksheet pada pertemuan pertama 68%, pada pertemuan kedua 70%, pada pertemuan ketiga 75% rata-rata presentase 71% kategori efektif. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,67 kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,58% kategori sedang. Uji hipotesis menggunakan independent sample t test menunjukkan bahwa nilai 0,000 < sig (0,05) maka hasil yang diperoleh H_0 ditolak dan H_1diterima sehingga terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul; Inkuiri Terbimbing; Liveworksheet; Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nyimas Endang Permata Sari |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 06:20 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 06:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98878 |
Actions (login required)
View Item |