Impression management citra selebgram di media sosial: Studi Dramaturgi Tissa Biani sebagai seorang selebgram

Fitriani, Mirha (2024) Impression management citra selebgram di media sosial: Studi Dramaturgi Tissa Biani sebagai seorang selebgram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy

Abstract

Impression Management pada media sosial instagram merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap selebgram, bertujuan untuk memberikan citra yang baik kepada pengikut serta memberikan rasa percaya kepada pengikut karena pada dasarnya menjadi seorang public figure apa yang ditampilkan di akun instagramnya akan menjadi contoh oleh pengikutnya. Tissa Biani merupakan aktris yang sedang naik daun dengan karya-karyanya melalui filmnya, tentunya sebagai seorang aktris Tissa Biani tak luput dari kegiatan Impression Management dalam melakukan interaksi dengan khalayak. Tissa Biani menggunakan Impression Management dirinya sebagai penunjang dalam karirnya di industri hiburan. Pesatnya perkembangan media sosial Instagram membuat banyak orang tertarik untuk menjadi selebgram, selain untuk mendapatkan ketenaran tentu juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui impression management yang dilakukan Tissa Biani Azzahra melalui media sosial Instagram berdasarkan dengan impression management theory yang dikemukakan oleh Jones dan Pittman dengan strategi yang dilakukan yaitu berdasarkan pada Ingratiation, Self Promotion, Exemplification, Intimidation, Supplication. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan paradigma konsturktivisme. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi impression management citra yang dilakukan Tissa Biani azzahra dalam upaya mengelola kesan atau citra yang baik kepada pengikutnya yaitu : 1) Strategi ingratiation yaitu dengan memberikan apresiasi kepada orang lain dan menunjukkan adanya persamaan, 2) Strategi Self promotion yaitu sebagai brand ambassador, 3) Strategi Exemplification melakukan kegiatan amal dan menunjukkan kesan positif (peran model positif), 4) Strategi supplication yaitu meminta masukan dari pengikut dan menunjukkan kelemahan. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwasanya Tissa Biani dalam menampilkan dirinya melalui media sosial instagramnya ingin dikenal sebagai orang yang berprestasi, ramah, dan pekerja keras.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Impression Management; Instagram; Tissa Biani
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Mirha Fitriani
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:02
Last Modified: 20 Sep 2024 07:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98911

Actions (login required)

View Item View Item