Fitriani, Mirha (2024) Impression management citra selebgram di media sosial: Studi Dramaturgi Tissa Biani sebagai seorang selebgram. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
Abstract
Impression Management pada media sosial instagram merupakan hal yang penting dilakukan bagi setiap selebgram, bertujuan untuk memberikan citra yang baik kepada pengikut serta memberikan rasa percaya kepada pengikut karena pada dasarnya menjadi seorang public figure apa yang ditampilkan di akun instagramnya akan menjadi contoh oleh pengikutnya. Tissa Biani merupakan aktris yang sedang naik daun dengan karya-karyanya melalui filmnya, tentunya sebagai seorang aktris Tissa Biani tak luput dari kegiatan Impression Management dalam melakukan interaksi dengan khalayak. Tissa Biani menggunakan Impression Management dirinya sebagai penunjang dalam karirnya di industri hiburan. Pesatnya perkembangan media sosial Instagram membuat banyak orang tertarik untuk menjadi selebgram, selain untuk mendapatkan ketenaran tentu juga dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui impression management yang dilakukan Tissa Biani Azzahra melalui media sosial Instagram berdasarkan dengan impression management theory yang dikemukakan oleh Jones dan Pittman dengan strategi yang dilakukan yaitu berdasarkan pada Ingratiation, Self Promotion, Exemplification, Intimidation, Supplication. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan paradigma konsturktivisme. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan teknik analisis data kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi impression management citra yang dilakukan Tissa Biani azzahra dalam upaya mengelola kesan atau citra yang baik kepada pengikutnya yaitu : 1) Strategi ingratiation yaitu dengan memberikan apresiasi kepada orang lain dan menunjukkan adanya persamaan, 2) Strategi Self promotion yaitu sebagai brand ambassador, 3) Strategi Exemplification melakukan kegiatan amal dan menunjukkan kesan positif (peran model positif), 4) Strategi supplication yaitu meminta masukan dari pengikut dan menunjukkan kelemahan. Penelitian ini menghasilkan simpulan bahwasanya Tissa Biani dalam menampilkan dirinya melalui media sosial instagramnya ingin dikenal sebagai orang yang berprestasi, ramah, dan pekerja keras.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impression Management; Instagram; Tissa Biani |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Mirha Fitriani |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 07:02 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 07:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98911 |
Actions (login required)
View Item |