Pengaruh pengelolaan pembelajaran asrama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kuningan

Sayuti, Muhamad Deden Jalaludin (2024) Pengaruh pengelolaan pembelajaran asrama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kuningan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan dan temuan antara lain; (1) Belum maksimalnya sistem pendidikan di Indonesia, dibuktikan dengan hasil survey PISA tahun 2022, (2) Munculnya berbagai macam model pendidikan yang menawarkan keunggulan, seperti madrasah berasrama, (3) Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Kuningan semuanya menyelenggarakan program asrama, (4) Belum maksimalnya pengelolaan pembelajaran di asrama, dan (5) Tidak adanya pembelajaran kitab ulumul hadis bagi siswa asrama kelas sepuluh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan pembelajaran asrama terhadap motivasi belajar, untuk menganalisis pengaruh pengelolaan pembelajaran asrama terhadap hasil belajar kognitif, untuk menganalisis pengaruh pengelolaan pembelajaran asrama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif. Penelitian ini berdasarkan kerangka berpikir teori pengelolaan pembelajaran Charles Reigeluth dan turunan dimensinya menurut Abdul Majid antara lain perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan tindak lanjut pembelajaran, berdasarkan kerangka berpikir teori motivasi belajar menurut Hamzah B. Uno melalui dimensi instrinsik dan ekstrinsik, berdasarkan kerangka berpikir teori hasil belajar kognitif Bloom melalui dimensi low order think skills dan hot order think skills. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik proportionate stratified random ssampling. Sumber data di ambil dari peserta didik yang berasrama kelas sepuluh di MAN 1 Kuningan, MAN 2 Kuningan, dan MAN 3 Kuningan. Instrumen penelitian menggunakan angket dan soal yang diberikan kepada peserta didik. Teknik anlisis data menggunakan uji regresi linear berganda (uji t dan uji f) serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh pengelolaan pembelajaran asrama terhadap motivasi belajar sebesar 51,9%. (2) Terdapat pengaruh pengelolaan pembelajaran asrama terhadap hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 39,6%. (3) Terdapat pengaruh pengelolaan pembelajaran asrama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 59,4%. Pentingnya pengelolaan pembelajaran asram dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik melalui upaya pengelola asrama menyelenggarakan pembelajaran yang efektif, kegiatan yang menarik dan memberikan motivasi, dukungan dan penghargaan terbaik kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif; Motivasi Belajar; dan Pengelolaan Pembelajaran Asrama;
Subjects: Religious Education
Al-Hadits dan yang Berkaitan > Ilmu Hadits
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Religious Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Education, Research
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhamad Deden Jalaludin Sayuti
Date Deposited: 20 Sep 2024 01:39
Last Modified: 20 Sep 2024 01:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98915

Actions (login required)

View Item View Item