Ajizah, Dini Nur (2014) Hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar: Penelitian korelasi di MAN 2 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang siswa dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, salah satunya adalah konsep diri. Konsep diri adalah semua persepsi kita terhadap aspek diri yang meliputi aspek fisik, aspek sosial, dan aspek psikologis, yang didasarkan pada pengalaman dan interaksi kita dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri siswa, prestasi belajar siswa dan juga untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XII di MAN 2 Bandung. Kerangka pemikiran dalam skripsi ini didasarka: pada dimensi-dimensi yang terdapat dalam konsep diri yang terdiri dari dimensi internal dan dimensi eksternal Dimensi internal terdiri dari identity self, Behavioral self dan Judging self. Sedangkan dimensi eksternal self terdiri dari diri fisik, diri moral, diri personal, diri keluarga dan diri sosial. Metode yang digunakan adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif Untuk memperoleh data mengenai konsep diri dan prestasi belajar, penulis menggunakan teknik angket. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 92 orang Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis secara statistik Berdasarkan hasil analisis data, dengan taraf signifikansi 0,05, hipotesisnya ditolak karena Fa 0,021 < F%a 0,205 Artinya tidak terdapat hubungan konsep diri dengan prestasi belajar. Koefisen korelasi kedua variabel tersebut sebesar 0,021 Tingkat pengaruh variabel X terhadap Y adalah 0,045 % Angka ini menunjukan bahwa terdapat faktor lain sebesar 99,95 % yang mempengaruhi prestasi belajar mereka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri; Prestasi Belajar |
Subjects: | The Self Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 03:09 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98961 |
Actions (login required)
View Item |