Penerapan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi

Desmaini, Anggi (2024) Penerapan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (610kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design, penelitian dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa adanya kelompok pembanding dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS YAPRI dengan jumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 97% dan peserta didik sebesar 96%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 27,29 dan nilai ttabel sebesar 2,100 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning dengan nilai N-gain sebesar 0,83 pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: collaborative teamwork learning; keterampilan berpikir kritis; usaha energi
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Anggi Desmaini
Date Deposited: 20 Sep 2024 08:12
Last Modified: 20 Sep 2024 08:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98967

Actions (login required)

View Item View Item