Desmaini, Anggi (2024) Penerapan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (610kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (688kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan setiap tahapan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design, penelitian dilaksanakan pada satu kelompok peserta didik (kelompok eksperimen) tanpa adanya kelompok pembanding dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMKS YAPRI dengan jumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning berlangsung sangat baik dengan persentase rata-rata aktivitas guru sebesar 97% dan peserta didik sebesar 96%. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 27,29 dan nilai ttabel sebesar 2,100 (thitung > ttabel) dengan taraf signifikansi 0,05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran Collaborative Teamwork Learning dengan nilai N-gain sebesar 0,83 pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | collaborative teamwork learning; keterampilan berpikir kritis; usaha energi |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Anggi Desmaini |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 08:12 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 08:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/98967 |
Actions (login required)
View Item |