Ripaldi, Aldi (2024) Efektivitas model kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen di kelas XI SMAN 25 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (590kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (851kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran PAI masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan mewawancarai guru PAI bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa di kelas berbeda-beda, ada yang memiliki tingkatan rendah, sedang dan cukup dalam berpikir kritis, namun masih dapat dikatakan kategori rendah untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam, dimana pada saat pembelajaran langsung siswa kurang mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan, kurang mampu berpendapat sesuai dengan materi pelajaran, dan kurang mampu menyelesaikan soal dengan baik dan benar. Tentu adanya permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar PAI yang diajarkan dengan model kooperatif tipe group investigation lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritik bahwa ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe group investigation dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar PAI di kelas XI SMAN 25 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain nonequivalent dalam bentuk pre-test dan post-test control group design. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, tes dan studi kepustakaan. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan statistik dengan empat pendekatan yaitu uji n-gain score, uji independent t-test, uji mann-whitney, diagram batang dan tabel frekuensi. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) efektivitas model kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 25 sudah efektif, sebagai buktinya dapat dilihat pada poin dua dan tiga; (2) terdapat efektivitas kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation, dengan hasil uji n-gain score nilai MPGI 75,7735 atau 76% dengan kategori efektif; (3) terdapat efektivitas kemampuan hasil belajar berpikir kritis siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation, dengan hasil uji n-gain score nilai MPGI 71,2249 atau 71% dengan kategori cukup efektif. Dengan demikian, terbukti bahwa model kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PAI dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | efektivitas model; kooperatif tipe; group investigation; terhadap kemampuan; berpikir kritis; dan hasil; belajar PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Education > Research and Statistical Methods Photography and Photographs > Education, Research, Related Topics |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aldi Ripaldi |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:08 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99096 |
Actions (login required)
View Item |