Efektivitas model kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen di kelas XI SMAN 25 Bandung

Ripaldi, Aldi (2024) Efektivitas model kooperatif tipe group investigation terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam: Penelitian quasi eksperimen di kelas XI SMAN 25 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (851kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran PAI masih tergolong rendah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan dengan mewawancarai guru PAI bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa di kelas berbeda-beda, ada yang memiliki tingkatan rendah, sedang dan cukup dalam berpikir kritis, namun masih dapat dikatakan kategori rendah untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam, dimana pada saat pembelajaran langsung siswa kurang mampu merumuskan pokok-pokok permasalahan, kurang mampu berpendapat sesuai dengan materi pelajaran, dan kurang mampu menyelesaikan soal dengan baik dan benar. Tentu adanya permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar PAI yang diajarkan dengan model kooperatif tipe group investigation lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertolak dari kajian teoritik bahwa ada pengaruh antara variabel X dengan variabel Y. Maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah model kooperatif tipe group investigation dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar PAI di kelas XI SMAN 25 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain nonequivalent dalam bentuk pre-test dan post-test control group design. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, tes dan studi kepustakaan. Adapun analisis datanya menggunakan pendekatan statistik dengan empat pendekatan yaitu uji n-gain score, uji independent t-test, uji mann-whitney, diagram batang dan tabel frekuensi. Dari hasil penelitian diperoleh: (1) efektivitas model kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMAN 25 sudah efektif, sebagai buktinya dapat dilihat pada poin dua dan tiga; (2) terdapat efektivitas kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation, dengan hasil uji n-gain score nilai MPGI 75,7735 atau 76% dengan kategori efektif; (3) terdapat efektivitas kemampuan hasil belajar berpikir kritis siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe group investigation, dengan hasil uji n-gain score nilai MPGI 71,2249 atau 71% dengan kategori cukup efektif. Dengan demikian, terbukti bahwa model kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran PAI dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: efektivitas model; kooperatif tipe; group investigation; terhadap kemampuan; berpikir kritis; dan hasil; belajar PAI
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education > Research and Statistical Methods
Photography and Photographs > Education, Research, Related Topics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldi Ripaldi
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:08
Last Modified: 23 Sep 2024 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99096

Actions (login required)

View Item View Item