Pengembangan video animasi Sou.edu berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gelombang bunyi

Aziza, Lenka Maula (2024) Pengembangan video animasi Sou.edu berbantuan aplikasi Canva untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi gelombang bunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Media sebagai alat bantu proses pembelajaran seiring dengan perkembangan teknologi digital saat ini masih kurang pemanfaatnya. Kurangnya pemanfaatan media menjadi salah satu penyebab hasil belajar kognitif peserta didik masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengukur kelayakan video animasi Sou.edu berbantuan aplikasi Canva, keterlaksanaan pembelajaran dalam menggunakan video animasi Sou.edu, meninjau peningkatan hasil belajar peserta didik serta respon peserta didik terhadap video animasi Sou.edu. Penelitian ini menerapkan pendekatan penelitaian kualitatif dan kuantitatif. SMAN 18 Bandung menjadi tempat dalam penelitian ini dengan sampel penelitian kelas XI’2 yang berjumlah 39 peserta didik. Model penelitian yang digunakan model ADDIE dengan metode R&D. Data hasil penelitian pada kelayakan video animasi Sou.edu melalui uji Gregory memperoleh nilai 1,00 yang berarti sangat layak, keterlaksanaan menggunakan video animasi Sou.edu memperoleh nilai rata-rata 90,2% dengan interpretasi sangat efektif. Hasil N-gain Pretest-Posttest sebesar 0,66 dengan interpretasi sedang. Uji hipotesis menggunakan uji paired sample t test menghasilkan sig. 0,000 yang berarti H_a diterima. Hasil respon peserta didik terhadap video animasi Sou.edu mendapatkan respon yang sangat baik sebesar 93,02%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi Sou.edu; Aplikasi Canva; Hasil belajar kognitif; Gelombang Bunyi
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Lenka Maula Aziza
Date Deposited: 23 Sep 2024 03:07
Last Modified: 23 Sep 2024 03:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99098

Actions (login required)

View Item View Item