Ayuna, Nadia (2024) Pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap motivasi belajar dan lingkungan belajar: Studi kasus Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (404kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (171kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peraturan tata tertib kehidupan kampus merupakan representasi dari disiplinnya peserta didik. Lahirnya sikap disiplin dari seorang peserta didik dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar bahkan lingkungan belajar yang ada disekitar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap motivasi belajar peserta didik di Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara, 2) menganalisis pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap lingkungan belajar peserta didik di Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara, 3) menganalisis pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap motivasi belajar dan lingkungan belajar peserta didik di Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian merupakan peserta didik Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara diambil berdasarkan proportionate stratified random sampling. Seluruh data dari penelitian diolah menggunakan perangkat SPSS 26. Total responden pada penelitian ini sebanyak 401 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peraturan tata tertib kehidupan kampus berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara sebesar 28,5%. Peraturan tata tertib kehidupan kampus berpengaruh terhadap lingkungan belajar peserta didik Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara sebesar 51% dan peraturan tata tertib kehidupan kampus berpengaruh terhadap motivasi belajar dan lingkungan belajar peserta didik Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara sebesar 54,1%. Pentingnya lingkungan belajar yang dapat membuat proses belajar mengajar nyaman tanpa mengurangi motivasi belajar peserta didik dan melanggar norma-norma yang telah ada.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peraturan Tata Tertib; Motivasi Belajar; Lingkungan Belajar |
Subjects: | Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | nadia ayuna |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:40 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99112 |
Actions (login required)
View Item |