Pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap motivasi belajar dan lingkungan belajar: Studi kasus Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara

Ayuna, Nadia (2024) Pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap motivasi belajar dan lingkungan belajar: Studi kasus Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peraturan tata tertib kehidupan kampus merupakan representasi dari disiplinnya peserta didik. Lahirnya sikap disiplin dari seorang peserta didik dapat dipengaruhi oleh motivasi belajar bahkan lingkungan belajar yang ada disekitar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap motivasi belajar peserta didik di Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara, 2) menganalisis pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap lingkungan belajar peserta didik di Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara, 3) menganalisis pengaruh peraturan tata tertib kehidupan kampus terhadap motivasi belajar dan lingkungan belajar peserta didik di Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian merupakan peserta didik Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara diambil berdasarkan proportionate stratified random sampling. Seluruh data dari penelitian diolah menggunakan perangkat SPSS 26. Total responden pada penelitian ini sebanyak 401 responden. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peraturan tata tertib kehidupan kampus berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara sebesar 28,5%. Peraturan tata tertib kehidupan kampus berpengaruh terhadap lingkungan belajar peserta didik Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara sebesar 51% dan peraturan tata tertib kehidupan kampus berpengaruh terhadap motivasi belajar dan lingkungan belajar peserta didik Universitas Islam Bandung dan Universitas Islam Nusantara sebesar 54,1%. Pentingnya lingkungan belajar yang dapat membuat proses belajar mengajar nyaman tanpa mengurangi motivasi belajar peserta didik dan melanggar norma-norma yang telah ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Tata Tertib; Motivasi Belajar; Lingkungan Belajar
Subjects: Public Policy Issues in Education > Public Policy Education in Specific Localities
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: nadia ayuna
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:40
Last Modified: 23 Sep 2024 02:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99112

Actions (login required)

View Item View Item