Solar Energy Web (SEW) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik

Nurfauzi, Rosa (2024) Solar Energy Web (SEW) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan peningkatan literasi sains peserta didik setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada materi energi surya dengan menggunakan media pembelajaran Solar Energy Web. Kedua model tersebut diterapkan dengan menggunakan teknik penilaian Authentic Assessment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activities Sheet (AABTLT with SAS). Penelitian menggunakan desain kuasi eksperimental dengan Non-Equivalent multiple group design. Subjek penelitian melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Alat pengumpulan data mencakup AABTLT with SAS dan instrumen tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas implementasi pembelajaran di kedua kelompok berada pada kategori efektif, kelas eksperimen I sebesar 79% dan kelas eksperimen II sebesar 71%. Skor rata-rata N-gain kelompok eksperimen I adalah 0,47 dengan kategori sedang dan kelompok eksperimen II 0,24 dengan kategori rendah. Analisis statistik menggunakan uji Mann-Whitney U dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan literasi sains antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Discovery Learning; Web; Literasi Sains
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Rosa Nurfauzi
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:25
Last Modified: 23 Sep 2024 03:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99133

Actions (login required)

View Item View Item