Nurfauzi, Rosa (2024) Solar Energy Web (SEW) untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.docx.pdf Download (326kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan dan perbedaan peningkatan literasi sains peserta didik setelah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning pada materi energi surya dengan menggunakan media pembelajaran Solar Energy Web. Kedua model tersebut diterapkan dengan menggunakan teknik penilaian Authentic Assessment Based on Teaching and Learning Trajectory with Student Activities Sheet (AABTLT with SAS). Penelitian menggunakan desain kuasi eksperimental dengan Non-Equivalent multiple group design. Subjek penelitian melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Alat pengumpulan data mencakup AABTLT with SAS dan instrumen tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas implementasi pembelajaran di kedua kelompok berada pada kategori efektif, kelas eksperimen I sebesar 79% dan kelas eksperimen II sebesar 71%. Skor rata-rata N-gain kelompok eksperimen I adalah 0,47 dengan kategori sedang dan kelompok eksperimen II 0,24 dengan kategori rendah. Analisis statistik menggunakan uji Mann-Whitney U dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,007 sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan peningkatan literasi sains antara kelas yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning; Discovery Learning; Web; Literasi Sains |
Subjects: | Education Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rosa Nurfauzi |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 03:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99133 |
Actions (login required)
View Item |