Analisis multiplier effect wisata religi Masjid Al Jabbar bagi masyarakat lokal Cimincrang

Fadilah, Nita Nur (2024) Analisis multiplier effect wisata religi Masjid Al Jabbar bagi masyarakat lokal Cimincrang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 menekankan bahwa tujuan utama dari sektor pariwisata adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ini mencakup berbagai aspek, termasuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pengurangan kemiskinan. Sekretaris Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat menyatakan bahwa Masjid Raya Al Jabbar dapat dijadikan sebagai destinasi wisata religi yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan penyebaran pengetahuan tentang Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja, dan motivasi masyarakat dalam berwirausaha di sekitar Masjid Al Jabbar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, di mana peneliti terjun langsung ke lokasi untuk mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil analisis ini selanjutnya dikaji melalui tinjauan literatur untuk merumuskan kesimpulan, serta dilakukan analisis matematis untuk menghitung efek pengganda yang meliputi income generation dan employment generation yang terjadi di sekitar Masjid Al Jabbar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas pariwisata di Masjid Al Jabbar memiliki dampak ekonomi yang signifikan terhadap masyarakat lokal. Dengan nilai multiplier income generation sebesar 1, terlihat adanya efek berlipat dari aktivitas wisata tersebut, yang menyebabkan sirkulasi uang yang intensif antara wisatawan, unit usaha lokal, dan tenaga kerja di sekitar masjid. Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa pengeluaran wisatawan juga berperan penting dalam penciptaan lapangan kerja. Setiap Rp 1.000.000 yang dibelanjakan oleh wisatawan menunjukkan peningkatan employment multiplier dari nilai awal 0,000000808 menjadi sekitar 08,08 yang apabila dibulatkan menjadi 8 tenaga keja baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Multiplier Effect: Wisata Religi; Masjid Al Jabbar
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nita Nur Fadilah Ita
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:01
Last Modified: 25 Sep 2024 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99298

Actions (login required)

View Item View Item