Wacana politik RRI Bandung selama kampanye terbuka Maret-April 2009: Studi analisis wacana pada script berita Lintas Malam RRI Bandung selama kampanye terbuka Maret-April 2009

Husnidin, Ikmal (2009) Wacana politik RRI Bandung selama kampanye terbuka Maret-April 2009: Studi analisis wacana pada script berita Lintas Malam RRI Bandung selama kampanye terbuka Maret-April 2009. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penyiaran Pemilu 2009 dijadikan sebagai gambaran bahwa RRI apakah lembaga penyiaran publik atau pemerintah, karena pemilu merupakan salah satu buah dari gerakan reformasi yang telah membuka kembali ruang kebebasan publik. Sehingga respon terhadap kebebasan itu, banyak muncul partai politik baru dengan berbagai macam latar belakang politik pada masyarakat. Penelitian ini meneliti wacana pada pemberitaan berita Lintas Malam RRI Bandung selama kampanye Terbuka Maret-April 2009. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi wacana yang dipakai RRI Bandung pada pemberitaan Kampanye Terbuka Maret-April 2009, mengetahui kognisi sosial wartawan dan redaktur RRI Bandung dalam memandang Kampanye Terbuka Maret-April 2009 serta untuk mengetahui konteks sosial yang berkembang dalam masyarakat mengenai pemberitaan Kampanye Terbuka Maret-April 2009. Kerangka pemikiran yang melandasi penelitian ini ialah berita yang disajikan oleh media elektronik khususnya radio berada di tengah realitas sosial yang sarat dengan kepentingan, konflik dan fakta kompleks yang beragam. Oleh karena itu media massa khususnya media elektronik berperan untuk membentuk suatu produksi berita melalui script berita yang memusatkan perhatian pada teks ke arah bagaimana teks berita itu diproduksi baik dalam hubungannya dengan individu wartawan maupun dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan analisis wacana model A Van Dijk lebih menekankan pada pemaknaan teks, dasarnya adalah interpretasi. Analisis wacana ini merupakan bagian dari metode interpretatif yang mengandalkan interpretasi atau penafsiran peneliti. Data yang diperoleh melalui studi kepustakaan, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberitaan politik mengenai kampanye berkisat tentang tema, isu, dan masalah-masalah yang bersifat teknis mengenai jalannya kampanye terbuka seperti pelanggaran-pelanggaran pemilu, sosialisasi penconterengan serta mengenai masalah yang berhubungan dengan kepentingan kekuasaan terutama partai politik. Sedangkan keberpihakan RRI Bandung cukup jelas yang menandakan media ini bersikap independen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Politik; Jurnalistik; Strategi
Subjects: Political Process > Political Campaigns
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: PKL1 Uninus
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:57
Last Modified: 17 Oct 2024 01:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99545

Actions (login required)

View Item View Item