Oktavianty, Eka Hani (2024) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan pada siswa Sekolah Dasar : Penelitian kualitatif di kelas 1 SD Negeri Ciwaru Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan membaca merupakan landasan penting bagi pendidikan terutama di tingkat SD. Pada tahap permulaan tak sedikit siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan. Disinilah peran guru diperlukan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dengan memilih dan menggunakan strategi yang efektif dalam membantu kesulitan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai strategi dan mengungkap strategi yang efektif digunakan guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa Sekolah Dasar, selain itu untuk menganalisis efektivitas dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Strategi pembelajaran merujuk pada pendekatan atau metode yang digunakan oleh guru untuk mengajarkan materi kepada siswa. Menurut J.R. David strategi belajar dan mengajar ini meliputi rencana, metode, dan perangkat kegiatan sehingga diterapkan untuk mencapai tujuan pemeblajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara terhadap kepala sekolah, guru dan siswa. Adapun beberapa tambahan dokmentasi untuk melengkapi data yang diperlukan. Keberhasilan penerapan strategi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti karakteristik siswa, dukungan orang tua, ketersediaan sumber daya, seperti dukungan orang tua dan ketersediaan sumber daya pembelajaran yang memadai. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan penerapan strategi yang tepat dan dukungan dari berbagai pihak, kesulitan membaca permulaan siswa dapat diatasi. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru dalam menerapkan strategi pembelajaran yang efektif serta peningkatan ketersediaan sumber daya pembelajaran di sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan; Membaca; Strategi; Guru; |
Subjects: | Use of Other Information Media > Reading Interest and Habits Elementary Education > Reading |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Hani Oktavianty Eka Hani Oktavianty |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 01:42 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99636 |
Actions (login required)
View Item |