Azzahra, Putri Vanya (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap thinking skill dan collaboration skill siswa pada materi Ekologi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
Abstract
Kemahiran yang dibutuhkan untuk menghadapi era ke-21 mencakup berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan inovasi. Keterampilan berpikir adalah kemampuan untuk menggabungkan perspektif, pengetahuan, dan keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk mengubah lingkungannya dengan lebih efisien Keterampilan kolaborasi didefinisikan sebagai kemampuan untuk berkomunikasi secara dialogis untuk saling bertukar ide, pendapat, atau gagasan. Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran fisik dan mental untuk bekerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe teams games tournament terhadap thinking skill dan collaboration skill siswa pada materi ekologi. Metode yang digunakan pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis data thinking skill diperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,67 yang menunjukan kategori sedang dengan nilai effect size sebesar 0,93 pada taraf besar, pada collaboration skill siswa diperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,88 yang menunjukan kategori tinggi dengan nilai effect size sebesar 0,88 pada taraf besar. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berpengaruh terhadap thinking skill dan collaboration skill siswa pada materi ekologi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif; teams games tournament; thinking skill; collaboration skill; ekologi |
Subjects: | Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Putri Vanya Azzahra |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 02:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 02:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99793 |
Actions (login required)
View Item |