Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap thinking skill dan collaboration skill siswa pada materi Ekologi

Azzahra, Putri Vanya (2024) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap thinking skill dan collaboration skill siswa pada materi Ekologi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Kemahiran yang dibutuhkan untuk menghadapi era ke-21 mencakup berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan inovasi. Keterampilan berpikir adalah kemampuan untuk menggabungkan perspektif, pengetahuan, dan keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk mengubah lingkungannya dengan lebih efisien Keterampilan kolaborasi didefinisikan sebagai kemampuan untuk berkomunikasi secara dialogis untuk saling bertukar ide, pendapat, atau gagasan. Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran fisik dan mental untuk bekerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe teams games tournament terhadap thinking skill dan collaboration skill siswa pada materi ekologi. Metode yang digunakan pretest-posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Hasil analisis data thinking skill diperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,67 yang menunjukan kategori sedang dengan nilai effect size sebesar 0,93 pada taraf besar, pada collaboration skill siswa diperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,88 yang menunjukan kategori tinggi dengan nilai effect size sebesar 0,88 pada taraf besar. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berpengaruh terhadap thinking skill dan collaboration skill siswa pada materi ekologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif; teams games tournament; thinking skill; collaboration skill; ekologi
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Putri Vanya Azzahra
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:22
Last Modified: 02 Oct 2024 02:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99793

Actions (login required)

View Item View Item