Sokhib, Muhammad Ilfan (2024) Pengaruh kepemimpinan visioner dan komitmen afektif Guru terhadap kinerja Guru Madrasah : Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Baitul Aziz Kabupaten Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (33kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
Abstract
BAHASA INDONESIA: Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya Kinerja Guru yang belum optimal. Hal ini diduga karena eksistensi Kepemimpinan Visioner dan tingkat Komitmen Afektif Guru masih belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan tentang: 1) Tingkat Kepemimpinan Visioner dan Komitmen Afektif Guru; 2) Besarnya Pengaruh Kepemimpinan Visioner terhadap Kinerja Guru; 3) Besarnya Pengaruh Komitmen Afektif Guru terhadap Kinerja Guru, dan; 4) Besarnya Pengaruh Simultan Kepemimpinan Visioner dan Komitmen Afektif Guru terhadap Kinerja Guru di MTs Baitul Aziz Kabupaten Bandung. Penelitian ini berdasarkan pada: 1) Teori Burt Nanus yang dipadukan dengan teori Taty & Dedi Achmad berkaitan dengan Kepemimpinan Visioner (X1) dengan dimensi: Rekayasa masa depan; agen perubahan; penentu arah; pelatih dan pembimbing professional, dan; menampilkan kekuatan pengetahuan. 2) Teori Meyer & Allens, Robbins & Monday berkaitan dengan Komitmen Afektif Guru (X2) dengan dimensi: Loyalitas; peran serta; keterkaitan emosional, dan; rasa bangga. Selanjutnya, 3) UU No. 14 Tahun 2005 berkaitan dengan Kinerja Guru (Y) dengan dimensi: Mendidik; mengajar; membimbing; mengarahkan; melatih; menilai, dan; mengevaluasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif-kausalitas dan metode penelitian statistik deskriptif. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan populasi sebanyak 31 orang yang dijadikan responden (sampling population). Teknik Pengumpulan Data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan angket (kuisioner). Teknik Analisis Data menggunakan teknik analisis regresi berganda untuk mengukur pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat Kepemimpinan Visioner berada pada kategori Sangat Tinggi, dan Komitmen Afektif Guru berada pada kategori Sangat Tinggi; 2) Adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari Kepemimpinan Visioner secara parsial terhadap Kinerja Guru dengan koefisien regresi ryx1 = 0,476 dan besar pengaruhnya 0,2266 atau 22,6576%; 3) Adanya pengaruh Komitmen Afektif Guru secara parsial terhadap Kinerja Guru dengan koefisien regresi ryx2 = 0,302 dan besar pengaruhnya 0,091204 atau 9,1204%; 4) Kepemimpinan Visioner dan Komitmen Afektif Guru secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru dengan koefisien R-Square sebesar 0,8002 atau pengaruh sebesar 0,64%, sisanya sebesar 36% dipengaruhi oleh faktor lain (epsilon). ENGLISH : This research is motivated by the fact that the performance of teachers is still not optimal. This is suspected to be due to the existence of visionary leadership and the level of teachers' affective commitment that are still not optimal. The purpose of this research is to understand, analyze, and describe: 1) The level of Visionary Leadership and Teachers' Affective Commitment; 2) The extent of the influence of Visionary Leadership on Teacher Performance; 3) The extent of the influence of Teachers' Affective Commitment on Teacher Performance; and 4) The simultaneous influence of Visionary Leadership and Teachers' Affective Commitment on Teacher Performance at MTs Baitul Aziz, Bandung Regency. This research is based on: 1) Burt Nanus' theory combined with Taty & Dedi Achmad's theory related to Visionary Leadership (X1) with the dimensions of: future engineering; change agent; direction setter; professional coach and mentor; and displaying the power of knowledge. 2) Theories by Meyer & Allen, Robbins & Monday related to Teachers' Affective Commitment (X2) with the dimensions of: loyalty; participation; emotional attachment; and sense of pride. Furthermore, 3) Law No. 14 of 2005 related to Teacher Performance (Y) with the dimensions of: educating; teaching; guiding; directing; training; assessing; and evaluating. The approach used in this research is a quantitative-causality approach with descriptive statistical research methods. This study is a survey research with a population of 31 individuals who served as respondents (sampling population). Data collection techniques were conducted through interviews, observation, document study, and questionnaires. The data analysis technique employed is multiple regression analysis to measure the influence of independent variables on the dependent variable. The research results show that: 1) The level of Visionary Leadership is in the Very High category, and Teachers' Affective Commitment is also in the Very High category; 2) There is a positive and significant partial influence of Visionary Leadership on Teacher Performance with a regression coefficient of ryx1 = 0.476 and the influence is 0.2266 or 22.6576%; 3) There is a partial influence of Teachers' Affective Commitment on Teacher Performance with a regression coefficient of ryx2 = 0.302 and the influence is 0.091204 or 9.1204%; 4) Visionary Leadership and Teachers' Affective Commitment simultaneously have a significant influence on Teacher Performance with an R-Square coefficient of 0.8002 or an influence of 64%, with the remaining 36% influenced by other factors (epsilon). ARAB : تَنْطَلِقُ خَلْفِيَّةُ هَذَا البَحْثِ عَنْ اِنْعِدَامِ الْمِثَالِيَّةِ لَدَى الْمُعَلِّمِيْنَ عِنْدَ أَدَاءِ أَنْشِطَةِ التَّعْلِيْمِ. وَذَلِكَ نَاتِجٌ سَبَبُهُ تَقْصِيْرٌ فِيْ تَحْقِيْقِ الْقَيَادَةِ الْبَصِيْرَةِ ، فَضْلاً عَنْ وُجُوْدِ الْخَلَلِ لَدَى الْمُعَلِّمِيْنَ أَنْفُسِهِمْ فِيْ سُلُوْكِ الْاِلْتِزَامِ. يَهْدِفُ هَذَا البَحْثُ إِلَى مَعْرِفَةِ عِدَّةِ النِّقَاطِ مَعَ تَحْدِيدِهَا وَتَحْلِيْلِهَا وَتَفْسِيْرِهَا ، وَهِيَ: القِيَادَةُ البَصِيرَةُ وَالتِزَامُ المُعَلِّمِ المُتَأَثِّرِ ،ثُمَّ مَدَى تَأْثِيْرُ القِيَادَةِ البَصِيرَةِ وَالتِزَامِ المُعَلِّمِ المُتَأَثِّرِ عَلَى أَدَاءِ الْمُعَلِّمِ، ثُمَّ مَدَى التَأْثِيْرُ المُتَزَامِنُ مِنْ كِلَا القِيَادَةِ البَصِيرَةِ وَالتِزَامِ المُعَلِّمِ المُتَأَثِّرِ عَلَى أَدَاءِ الْمُعَلِّمِيْنَ يَخُصُّ مَدْرَسَةَ بَيْتِ العَزِيزِ المُتَوَسِّطَةِ فِي مِنْطَقَةِ بِانْدُونْجٍ . يَعْتَمِدُ الْإِطَارُ النَّظَرِيُّ فِيْ هَذَا الْبَحْثِ عَلَى: 1) نَظَرِيَّةِ بيرت نانوس الَّتِيْ تَتَكَامَلُ مَعَ نَظَرِيَّةِ تَاتي ودِيدي أَحمد الِمُتَعَلِّقَةِ بِالْقِيَادَةِ الْبَصِيْرَةِ (X1)، وَالَّتِيْ تَشْمُلُ أَبْعَادًا مِثْلَ تَشْكِيْلِ الْمُسْتَقْبَلِ، وَوُكَلَاءِ التَّغْيِيْرِ، وَصُنَّاعِ الْاِتِّجَاهِ، وَالْمُدَرِّبِيْنَ وَالْمُوَجِّهِيْنَ الْمُحْتَرِفِيْنَ، إِلَى جَانِبِ الْقُدْرَةِ عَلَى إِبْرَازِ قُوَّةِ الْمَعْرِفَةِ. 2) نَظَرِيَّةِ مَاير وآلين، وَروبنز وَمونداي الْمُتَعَلِّقَةِ بِالْاِلْتَزَامِ الْعَاطِفِيِّ لِلْمُعَلِّمِ (X2)، وَالَّتِيْ تَتَضَمَّنَ أَبْعَادًا مِثْلَ الْوَلَاءِ، وَالْمُشَارَكَةِ، وَالْاِرْتِبَاطِ الْعَاطِفَيِّ، وَالْفَخْرِ. 3) وَأَخِيْرًا، الْقَانُوْنَ رَقْمِ 14 لِسَنَةِ 2005 الَّذِيْ يَتَنَاوَلُ أَدَاءَ الْمُعَلِّمِ (Y) الْمُتَأَثِّرِ بِالْقَيَادَةِ الْبَصِيْرَةِ وَالْالْتَزَامِ الْعَاطِفِيِّ، مِنْ خِلَالِ أَبْعَادٍ تَشْمُلُ التَّعْلِيْمِ، وَالتَّدْرِيْسِ، وَالْإِرْشَادِ، وَالتَّوْجِيْهِ، وَالتَّدْرِيْبِ، وَالتَّقْيِيْمِ، وَالتَّقْوِيْمِ. ¬الْمَنْهَجُ الْمُسْتَخْدَمُ فِيْ هَذَا الْبَحْثِ هُوَ الْمَنْهَجُ الْكَمِّيِّ السَّبَبِيِّ، أَمَّا مَنْهَجُ الْبَحْثِ الْمُسْتَخْدَمِ هُوَ الْمَنْهَجُ الْإِحْصَائِيِّ الْوَصْفِيِّ. يُصَنَّفُ هَذَا الْبَحْثُ ضِمْنَ الدِّرَاسَاتِ الْمَسْحِيَّةِ، حَيْثُ يَشْمُلُ مُجْتَمَعُ الْبَحْثِ 31 شَخْصًا تَمَّ اِعْتِبَارُهُمْ كَمُسْتَجِيِبِيْنَ (عَيِّنَةً سُكَّانِيَّةً). تَمَّ جَمْعُ الْبَيَانَاتِ مِنْ خِلَالِ الْمُقَابَلَاتِ وَالْمُلَاحَظَاتِ وَدِرَاسَاتِ التَّوْثِيْقِ وَالْاِسْتَبْيَانَاتِ. تَسْتَخْدِمُ تَقْنِيَّةُ تَحْلِيْلِ الْبَيَانَاتِ تَحْلِيْلَ الْاِنْحِدَارِ الْمُتَعَدِّدِ لِقِيَاسِ تَأْثِيْرِ الْمُتَغَيِّرَاتِ الْمُسْتَقِلَّةِ عَلَى الْمُتَغَيِّرَاتِ التَّابِعَةِ. تُشِيْرُ نَتَائِجُ الْبَحْثِ إِلَى أَنَّ الْقِيَادَةَ الْبَصِيْرَةَ وَالْاِلْتِزَامَ الْعَاطِفِيَّ لِلْمُعَلِّمِيْنَ يَقَعَانِ ضِمْنَ الْفِئَةِ الْعَالِيَةِ جِدًّا، إِلَّا أَنَّ بَعْضَ الْمُؤَشِّرَاتِ فِيْ كُلِّ مُتَغَيِّرٍ لَمْ تَصِلْ بَعْدُ إِلَى الْمُسْتَوَى الْأَمْثَلِ. وَقَدْ أَظْهَرَتْ النَّتَائِجُ مَا يَلِيْ: (1) وُجُوْدُ تَأْثِيْرٍ إِيْجَابِيٍّ وَذِيْ دَلَالَةٍ إِحْصَائِيَّةٍ لِلْقَيَادَةِ الْبَصِيْرَةِ عَلَى أَدَاءِ مُعَلِّمِيْ الْمَدْرَسَةِ بِشَكْلٍ جُزْئِيٍّ، حَيْثُ بَلَغَ مَعَامِلُ الْانْحِدَارِ ryx1 = 0.476 مَعَ مُسَاهَمَةٍ قَدْرُهَا 0،2266 أَوْ 22.6576٪؛ (2) إِنَّ الْتِزَامَ الْمُعَلِّمِ الْمُتَأَثِّرِ يُؤَثِّرُ بِشَكْلٍ إِيْجَابِيٍّ جُزْئِيٍّ عَلَى أَدَاءِ مُعَلِّمِيْ الْمَدْرَسَةِ، بِمَعَامِلِ انْحِدَارٍ ryx2 = 0.302 وَمُسَاهَمَةٍ بَلَغَتْ 0,091204 أَوْ 9.1204٪؛ (3) بِالْإِضَافَةِ إَلَى ذَلِكَ، تُظْهِرُ النَّتَائِجُ أَنَّ الْقِيَادَةَ الْبَصِيْرَةَ وَالْتِزَامَ الْمُعَلِّمِ الْمُتَأَثِّرِ لَهُمَا تَأْثِيْرٌ كَبِيْرٌ مُشْتَرَكٌ عَلَى أَدَاءِ مُعَلِّمِيْ الْمَدْرَسَةِ، حَيْثُ بَلَغَ مَعَامِلُ R-Square 0.8002 أَوْ تَأْثِيْرٌ بِنِسْبَةِ 0,64٪، بَيْنَمَا تُعْزَى النِّسْبَةُ الْمُتَبَقِّيَةُ، وَهِيَ 36٪، إِلَى عَوَامِلَ أُخْرَى (إبسيلون)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Visioner; Komitmen Afektif Guru; Kinerja Guru Madrasah; Madrasah Tsanawiyah Baitul Aziz; |
Subjects: | Social Process > Leadership Education > Organization of Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching General Management > Education, Research of Management General Management > Personnel Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Ilfan Sokhib |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 01:15 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 01:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99908 |
Actions (login required)
View Item |