Analisis Marketing Mix dalam penjualan produk Brand Kojo Garmen Kecamatan Cileunyi ditinjau dari Etika Bisnis Islam

Darmayanti, Alisya (2024) Analisis Marketing Mix dalam penjualan produk Brand Kojo Garmen Kecamatan Cileunyi ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy

Abstract

Industri fashion, khususnya garmen dan konveksi, saat ini semakin diminati karena kebutuhan akan pakaian yang meningkat pesat. Pakaian merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup dan menjaga etika dalam keseharian. Untuk menghadapi persaingan usaha sejenis, brand Kojo Garmen menerapkan strategi marketing mix untuk memperkuat daya saing dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan strategi marketing mix di Kecamatan Cileunyi dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan etika bisnis Islam. Peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Jerome McCarthy mengenai bauran pemasaran (Marketing Mix) dengan menggunakan konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion dan teori Syed Nawab Halder Naqvi mengenai 5 prinsip etika bisnis Islam diantaranya unity (Kesatuan), Equilibrium (Keseimbangan), Freewill (Kehendak Bebas), Responsibility (Tanggung jawab), Benevolence (Kebermanfaatan). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapat data real di lapangan dalam pemasarannya. Teknik analisis yang digunakan peneliti yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan marketing mix yang dilakukan Kojo Garmen selama proses penjualan yaitu membuat berbagai macam produk barang dan jasa. Dalam aspek harga, Kojo Garmen mengambil keuntungan setiap produk sebesar 30%, namun sangat terbuka dengan negosisasi harga produk. Tempat usaha dipilih berdasarkan pertimbangan lokasi yang dekat dengan banyak universitas karena target sasaran Kojo Garmen adalah mahasiswa. Dalam mempromosikan produk, Kojo Garmen menggunakan 2 media, media online dan media offline. 2) Kojo Garmen mengimplementasikan prinsip etika bisnis Islam pada pemasarannya, seperti melakukan pelayanan pada setiap pelanggan yang merupakan bentuk dari implementasi prinsip keseimbangan, pada prinsip tanggung jawab dengan memberi garansi pada tiap produk, dan membuat program edukasi serta konsultasi gratis sebagai bentuk penerapan prinsip kebermanfaatan. Namun, terdapat kekurangan dalam penerapan prinsip tauhid, khususnya terkait kebijakan karyawan yang berpotensi mengganggu pelaksanaan ibadah wajib yang memerlukan peninjauan ulang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix; Produk; Promosi; EtikaBisnis Islam
Subjects: Ethics of Recreation, Public Performances, Communication
Islam
Islam > Islam and Economics
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Econmics
Econmics > Economists
Business > Data Processing and Analysis of Business
Business > General Publications of Business
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Alisya Darmayanti
Date Deposited: 04 Oct 2024 06:30
Last Modified: 04 Oct 2024 06:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99978

Actions (login required)

View Item View Item