Darmayanti, Alisya (2024) Analisis Marketing Mix dalam penjualan produk Brand Kojo Garmen Kecamatan Cileunyi ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftar isi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) | Request a copy |
||
Text
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) | Request a copy |
Abstract
Industri fashion, khususnya garmen dan konveksi, saat ini semakin diminati karena kebutuhan akan pakaian yang meningkat pesat. Pakaian merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup dan menjaga etika dalam keseharian. Untuk menghadapi persaingan usaha sejenis, brand Kojo Garmen menerapkan strategi marketing mix untuk memperkuat daya saing dan meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan strategi marketing mix di Kecamatan Cileunyi dan mengevaluasi kesesuaiannya dengan etika bisnis Islam. Peneliti menggunakan teori yang dikemukakan oleh Jerome McCarthy mengenai bauran pemasaran (Marketing Mix) dengan menggunakan konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion dan teori Syed Nawab Halder Naqvi mengenai 5 prinsip etika bisnis Islam diantaranya unity (Kesatuan), Equilibrium (Keseimbangan), Freewill (Kehendak Bebas), Responsibility (Tanggung jawab), Benevolence (Kebermanfaatan). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapat data real di lapangan dalam pemasarannya. Teknik analisis yang digunakan peneliti yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan marketing mix yang dilakukan Kojo Garmen selama proses penjualan yaitu membuat berbagai macam produk barang dan jasa. Dalam aspek harga, Kojo Garmen mengambil keuntungan setiap produk sebesar 30%, namun sangat terbuka dengan negosisasi harga produk. Tempat usaha dipilih berdasarkan pertimbangan lokasi yang dekat dengan banyak universitas karena target sasaran Kojo Garmen adalah mahasiswa. Dalam mempromosikan produk, Kojo Garmen menggunakan 2 media, media online dan media offline. 2) Kojo Garmen mengimplementasikan prinsip etika bisnis Islam pada pemasarannya, seperti melakukan pelayanan pada setiap pelanggan yang merupakan bentuk dari implementasi prinsip keseimbangan, pada prinsip tanggung jawab dengan memberi garansi pada tiap produk, dan membuat program edukasi serta konsultasi gratis sebagai bentuk penerapan prinsip kebermanfaatan. Namun, terdapat kekurangan dalam penerapan prinsip tauhid, khususnya terkait kebijakan karyawan yang berpotensi mengganggu pelaksanaan ibadah wajib yang memerlukan peninjauan ulang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Mix; Produk; Promosi; EtikaBisnis Islam |
Subjects: | Ethics of Recreation, Public Performances, Communication Islam Islam > Islam and Economics Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Econmics Econmics > Economists Business > Data Processing and Analysis of Business Business > General Publications of Business Business > Education, Research, Related Topics of Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Alisya Darmayanti |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 06:30 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 06:30 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/99978 |
Actions (login required)
View Item |