Sasmita, Ade (2005) Penerapan metode diskusi hubungannya dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI : Penilitian di MI tanjungsari Kec. jampang Tengah Kab. Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (LAMPIRAN)
9_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Peneiitian ini dilatarbelakangi dengan menurunnya prestasi belajar siswa dalam pelajaran pendidikan agama islam, hal ini disebabkan tidak adanya variasi dalam metode mengajar yang dilakukan guru, sehingga prestasinya di bawah rata- rata karena motivasi siswa kurang berkembang. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui realitas penerapan metode diskusi, prestasi belajar PAI dan hubungan penerapan metode diskusi terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penilaian ini dilandasi dengan pemikiran, salah satu faktor keberhasilan pendidikan adalah guru, tinggi rendahnya prestasi yang dicapai siswa tergentung kepada kreativitas dan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, juga membangkitkan motivasi siswa sehingga siswa senang belajar dan berani untuk mengungkapkan ide-ide dan keberaniannya serta melatih berbicara Salah satu metode yang cocok untuk mengembangkan itu adalah diterapkannya metode diskusi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, teknik yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, studi dokumentasi, wawancara dan kepustakaan Teknik angket dan studi dokumentasi dijadikan sebagai teknik pokok karena dengan teknik ini data dapat dikumpulkan untuk diolah selanjutnya. Hasil penelitian ini didapatkan data rata-rata variabel X (3,67) dan data rata-rata variabel Y (6,9) Adanya koefisien korelasi sebesar 0,12 angka korelasi tersebut menunjukan tidak ada korelasi, ada atau tidak adanya pengaruh sebesar 1% Hal ini membuktikan bahwa hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima artinya terdapat hubungan antara penerapan metode diskusi di MI Tanjungsari, dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebesar 1% dan masih ada faktor yang mempengaruhi prestasi siswa sebesar 99%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Diskusi; Prestasi belajar; Pelajaran PAI |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PKL1 Uninus |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 04:25 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 04:25 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100607 |
Actions (login required)
View Item |