Penerapan model pembelajaran prediction, observation, explanation, elaboration, write, and evaluation (POE2WE) berbantuan phet simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pesesrta didik pada materi fluida statis

Abdullah, Anharul Hakim (2023) Penerapan model pembelajaran prediction, observation, explanation, elaboration, write, and evaluation (POE2WE) berbantuan phet simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pesesrta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kreatif diperlukan oleh peserta didik untuk mempermudah dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti (1) Bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran POE2WE berbantuan PhET Simulation terkait peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik (2) Bagaimana peningkatan berpikir kreatif peserta didik setelah digunakan model pembelajaran POE2WE berbantuan PhET Simulatio. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi berbasis experimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 peserta didik dikelas XI MIPA SMA Mekar Arum, sedangkan sampel penelitianya adalah 20 peserta didik dikelas XI MIPA 2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write,dan Evaluation (POE2WE) Berbantuan PhET Simulation pada materi fluida statis telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 95% dari capain kesluruhan aspek sehingga keterlaksaan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model POE2WE tergolong dalam kategori sangat baik. ( 2) Peningkatan kemampuan keterampilan berfikir kreatif peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI MIPA 2 mendapatkan nilai N-gain secara keseluruhan sebesar 0,6 dengan kategori sedang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Penerapan model pembelajaran prediction; observation; explanation; elaboration; write, and evaluation; kemampuan berpikir kreatif; peserta didik; materi fluida statis
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Anharul Hakim Abdullah
Date Deposited: 24 Oct 2024 03:20
Last Modified: 24 Oct 2024 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100719

Actions (login required)

View Item View Item