Abdullah, Anharul Hakim (2023) Penerapan model pembelajaran prediction, observation, explanation, elaboration, write, and evaluation (POE2WE) berbantuan phet simulation untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pesesrta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (678kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (658kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
Abstract
Berpikir kreatif diperlukan oleh peserta didik untuk mempermudah dalam menemukan solusi dari suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti (1) Bagaimana keterlaksanaan model pembelajaran POE2WE berbantuan PhET Simulation terkait peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik (2) Bagaimana peningkatan berpikir kreatif peserta didik setelah digunakan model pembelajaran POE2WE berbantuan PhET Simulatio. Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi berbasis experimen dengan desain one group pretest posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 peserta didik dikelas XI MIPA SMA Mekar Arum, sedangkan sampel penelitianya adalah 20 peserta didik dikelas XI MIPA 2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran Prediction, Observation, Explanation, Elaboration, Write,dan Evaluation (POE2WE) Berbantuan PhET Simulation pada materi fluida statis telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 95% dari capain kesluruhan aspek sehingga keterlaksaan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model POE2WE tergolong dalam kategori sangat baik. ( 2) Peningkatan kemampuan keterampilan berfikir kreatif peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI MIPA 2 mendapatkan nilai N-gain secara keseluruhan sebesar 0,6 dengan kategori sedang
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan model pembelajaran prediction; observation; explanation; elaboration; write, and evaluation; kemampuan berpikir kreatif; peserta didik; materi fluida statis |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Anharul Hakim Abdullah |
Date Deposited: | 24 Oct 2024 03:20 |
Last Modified: | 24 Oct 2024 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100719 |
Actions (login required)
View Item |