Implementasi group investigation dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi keanekaragaman hayati

Yusuf, Muhammad Haidar (2024) Implementasi group investigation dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model pembelajaran group investigation (GI) dengan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi keanekaragaman hayati. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Group Posttest Only Design. Data dikumpulkan melalui pemberian instrument berupa lembar observasi, tes keterampilan proses sains, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains terhadap siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation (GI) dengan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) materi keanekaragaman hayati di sekolah SMAN Jatinangor terutama pada pembelajaran biologi. Berdasarkan analisis data diperoleh data rata – rata posttest 22,2 dari skor maksimum yakni 30 dan nilai N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Nilai signifikansi Asymp Sig. (2-tailed) diperoleh sebesar 0,0005 dan nilai ini < 0,5 yang artinya H1 diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Group Investigation (GI); pendekatan JAS; Keterampilan Proses Sains; Keanekaragaman Hayati
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Haidar Muhammad Yusuf
Date Deposited: 31 Oct 2024 01:44
Last Modified: 31 Oct 2024 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100807

Actions (login required)

View Item View Item