Yusuf, Muhammad Haidar (2024) Implementasi group investigation dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi keanekaragaman hayati. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi model pembelajaran group investigation (GI) dengan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi keanekaragaman hayati. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Group Posttest Only Design. Data dikumpulkan melalui pemberian instrument berupa lembar observasi, tes keterampilan proses sains, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan keterampilan proses sains terhadap siswa yang menggunakan model pembelajaran group investigation (GI) dengan pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) materi keanekaragaman hayati di sekolah SMAN Jatinangor terutama pada pembelajaran biologi. Berdasarkan analisis data diperoleh data rata – rata posttest 22,2 dari skor maksimum yakni 30 dan nilai N-Gain sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Nilai signifikansi Asymp Sig. (2-tailed) diperoleh sebesar 0,0005 dan nilai ini < 0,5 yang artinya H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation (GI); pendekatan JAS; Keterampilan Proses Sains; Keanekaragaman Hayati |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Haidar Muhammad Yusuf |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 01:44 |
Last Modified: | 31 Oct 2024 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/100807 |
Actions (login required)
View Item |