Ibrahim, Diki (2018) Pengaruh model pembelajaran Brain Based Learning terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam : Quasi eksperiment pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Cileunyi Kab. Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_Cover.docx Download (37kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.docx Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.docx Download (42kB) |
|
Text (BAB I)
4_BAB I.docx Download (66kB) |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.docx Restricted to Registered users only Download (817kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6_BAB III.docx Restricted to Registered users only Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7_BAB IV.docx Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8_BAB V.docx Restricted to Registered users only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.docx Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang menunjukkan kurangnya rasa percaya diri siswa untuk dapat aktif, menjelaskan materi, dan menyimpulkan apa yang telah dipelajari. Kondisi pembelajaran yang tidak kondusif, menyebabkan kurangnya aktivitas belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning, realitas aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional serta pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa di kelas VIII SMPN 2 Cileunyi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian Quasi Experiment. Model pembelajaran Brain Based Learning merupakan model pembelajaran yang menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kinerja otak siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning pada kelas eksperimen diinterpretasikan tinggi, hal tersebut didapatkan dari hasil aktivitas belajar siswa sebesar 3,70. Sementara itu hasil aktivitas belajar siswa pada kelas kontrol diinterpretasikan sedang, hal tersebut didapatkan dari hasil aktivitas belajar siswa sebesar 2,92. Adapun pengaruh tersebut sesuai dengan hasil perhitungan N-gain yaitu sebesar 0,56, angka tersebut termasuk pada kategori sedang yang berarti pengaruh model pembelajaran brain based learning terhadap aktivitas belajar siswa memiliki pengaruh yang sedang. This observation against the background of the problems of unconfident from students to the active, explain material and summarize what has been learned. The uncondusive of condition of learn, causing lack of student learning activities. The purpose of this observations is to know the reality of student learning activity by using brain based learning method, the reality of student learning activity by using the conventional methode, also the effect of brain based learning methode on students. Method of this observations is Quasi Experiment. The brain based learning methode is a methode learning method that aligns learning in accordance woth students brain performance. The activities of student learning with brain based learning methode on class experimental class interpreted is high. And the results on class control interpreted is middle. The influence is according with the result of N-Gain calculation is equal to 0,56, the figure is included the medium category.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brain Based Learning; Aktivitas Belajar Siswa; PAI |
Subjects: | Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DIKI IBRAHIM |
Date Deposited: | 04 Jun 2018 04:05 |
Last Modified: | 04 Jun 2018 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10103 |
Actions (login required)
View Item |