Kemampuan berpikir Geometri Van Hiele peserta didik melalui pengembangan media Pop Up Book

Nuraeni, Nopy (2024) Kemampuan berpikir Geometri Van Hiele peserta didik melalui pengembangan media Pop Up Book. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (638kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)

Abstract

Geometri merupakan salah satu mata pelajaran inti dalam matematika yang diberikan kepada peserta didik dari tingkat SD hingga tingkat SMA terutama pada materi bangun ruang sisi datar seperti kubus, balok, prisma segitiga, dan limas segiempat. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru terkait hasil ulangan harian peserta didik kelas IX B dan IX C di SMP Negeri 2 Padalarang, hasil ulangan harian tersebut terdapat peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada materi geometri khususnya bangun ruang sisi datar. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini ialah mengembangkan media pop up book agar mempermudah peserta didik dalam memperoleh kemampuan berpikir geometri pada materi bangun ruang sisi datar. Adapun proses dalam pembuatan media pop up book, kevalidan, keefektivan, dan kepraktisan agar media layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan dua uji coba yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar tempat penelitian ini di SMP Negeri 2 Padalarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation sehingga memperoleh produk yang valid, efektif, dan praktis. Tingkat validitas media pop up book di kategorikan sangat valid dari aspek media dan aspek materi. Tingkat efektivitas media pop up book mendapatkan kategori sangat efektif dari uji coba skala kecil dan uji coba skala besar dan kriteria ketercapaian tujuan peserta didik sudah mencapai ketuntasan. Tingkat praktikalitas media pop up book pada uji coba skala kecil memperoleh kategori sangat efektif dan uji coba skala besar memperoleh kategori praktis. Pada penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa buku materi mengenai bangun ruang sisi datar yang disajikan dalam 3 dimensi yaitu pop up book, karena dari hasil wawancara dengan guru masih terdapat peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada kemampuan berpikir geometri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ADDIE; Kemampuan Berpikir Geometri; Media Pop Up Book
Subjects: Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Mathematics
Geometry > General Aspects of Geometry
Geometry > Plane Geometry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Nopy Nuraeni
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:15
Last Modified: 14 Nov 2024 03:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/101577

Actions (login required)

View Item View Item