Manajemen rekrutmen peserta didik berbasis keunggulan kompetitif di Sekolah Bintang Madani Kota Bandung: Studi kasus di TK, SD, SMP, Bintang Madani Kota Bandung

Said, Muhammad Mar'ie (2024) Manajemen rekrutmen peserta didik berbasis keunggulan kompetitif di Sekolah Bintang Madani Kota Bandung: Studi kasus di TK, SD, SMP, Bintang Madani Kota Bandung. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Rekrutmen peserta didik merupakan kegiatan yang secara rutin dilakukan oleh lembaga pendidikan di setiap tahunnya dengan tujuan untuk mendapatkan peserta didik baru. Oleh karena itu perlu adanya unsur manajemen dalam menajalankan proses rekrutmen peserta didik mengingat pentingnya manajeimein dalam meimbantu meireincanakan langkah-langkah, mengidentifiikasi peluang, dan mengatasi tantanRekrutmen peserta didik merupakan kegiatan yang secara rutin dilakukan oleh lembaga pendidikan di setiap tahunnya dengan tujuan untuk mendapatkan peserta didik baru. Oleh karena itu perlu adanya unsur manajemen dalam menajalankan proses rekrutmen peserta didik mengingat pentingnya manajeimein dalam meimbantu meireincanakan langkah-langkah, mengidentifiikasi peluang, dan mengatasi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Keunggulan Kompetitif di TK, SD, dan SMP Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. 2) Pengorganisasian Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Keunggulan Kompetitif di TK, SD, dan SMP Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. 3) Pelaksanaan Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Keunggulan Kompetitif di TK, SD, dan SMP Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. 4) Pengawasan Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Keunggulan Kompetitif di TK, SD, dan SMP Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. Peneliti ini dilakukan berdasarkan pada teori fungsi manajemen menurut GR. Terry yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Teori ini menjadi landasan utama untuk mengetahui bagaimana proses manajemen rekrutmen peserta didik dilakukan di Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penarikan data/penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan rekrutmen peserta didik berbasis keunggulan kompetitif di TK, SD dan SMP Bintang Madani Kota Bandung dilakukan beberapa aktivitas perencanaan yakni; menentukan jumlah kuota, menentukan kriteria, menetukan timeline waktu pelaksanaan dan enentukan biaya pendaftaran dan biaya pendidikan. 2) Pegorganisasian rekrutmen peserta didik dilakukan melalui pembentukan panitia melalui surat keputusan dari yayasan, beserta pembagian tugas dan tanggung jawab. 3) Pelaksanaan rekrutmen peserta didik dimulai dari pendaftaran dan registrasi secara online, dilakukan validasi data, dilakukan seleksi melalui psikotes dan wawancara orang tua, pengumuman penerimaan, pembayaran pendidikan dan pencatatan. 4) Pengawasan rekrutmen peserta didik dilakukan berdasarkan tugas dan fungsi setiap bagian, aktivitas pengawasan melalui monitoring evaluasi di setiap proses yang berjalan dan tahap akhir melalui evalauasi dan laporan pertanggung jawaban setelah selesai keseluruhan prosesnya. gan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Keunggulan Kompetitif di TK, SD, dan SMP Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. 2) Pengorganisasian Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Keunggulan Kompetitif di TK, SD, dan SMP Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. 3) Pelaksanaan Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Keunggulan Kompetitif di TK, SD, dan SMP Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. 4) Pengawasan Rekrutmen Peserta Didik Berbasis Keunggulan Kompetitif di TK, SD, dan SMP Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. Peneliti ini dilakukan berdasarkan pada teori fungsi manajemen menurut GR. Terry yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Teori ini menjadi landasan utama untuk mengetahui bagaimana proses manajemen rekrutmen peserta didik dilakukan di Sekolah Bintang Madani Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penarikan data/penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan rekrutmen peserta didik berbasis keunggulan kompetitif di TK, SD dan SMP Bintang Madani Kota Bandung dilakukan beberapa aktivitas perencanaan yakni; menentukan jumlah kuota, menentukan kriteria, menetukan timeline waktu pelaksanaan dan enentukan biaya pendaftaran dan biaya pendidikan. 2) Pegorganisasian rekrutmen peserta didik dilakukan melalui pembentukan panitia melalui surat keputusan dari yayasan, beserta pembagian tugas dan tanggung jawab. 3) Pelaksanaan rekrutmen peserta didik dimulai dari pendaftaran dan registrasi secara online, dilakukan validasi data, dilakukan seleksi melalui psikotes dan wawancara orang tua, pengumuman penerimaan, pembayaran pendidikan dan pencatatan. 4) Pengawasan rekrutmen peserta didik dilakukan berdasarkan tugas dan fungsi setiap bagian, aktivitas pengawasan melalui monitoring evaluasi di setiap proses yang berjalan dan tahap akhir melalui evalauasi dan laporan pertanggung jawaban setelah selesai keseluruhan prosesnya. Kata Kunci: Manajemen, Rekrutmen Peserta Didik, Keunggulan Kompetitif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen rekrutmen; peserta didik; manajemen; rekrutmen siswa
Subjects: General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Mar'ie Said
Date Deposited: 09 Dec 2024 06:46
Last Modified: 09 Dec 2024 06:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102061

Actions (login required)

View Item View Item