Pengaruh penggunaan media boneka tangan dan media gambar poster terhadap keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Al-Musdariyah

Damayanti, Tanti Yulia (2024) Pengaruh penggunaan media boneka tangan dan media gambar poster terhadap keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V MI Al-Musdariyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara terutama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa kelas V. Banyaknya peserta didik yang nilai nya masih di bawah KKTP yaitu dibawah 75. Hal ini disebabkan dari beberapa faktor, salah satunya yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran untuk melatih keterampilan berbicara siswa sehinggan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia peneliti menggunakan media boneka tangan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Keterampilan berbicara bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar (poster) pada kelas kontrol kelas V MI Al-Musdariyah (2) Keterampilan berbicara bahasa Indonesia dengan menggunakan media boneka tangan pada kelas eksperimen kelas V MI Al-Musdariyah (3) Perbedaan peningkatan keterampilan berbicara bahasa Indonesia antara yang menggunakan media gambar (poster) dengan yang menggunakan media boneka tangan di kelas V MI Al-Musdariyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan selama enam kali pertemuan. Penelitian ini menggunakan dua kelas eksperimen dan kelas kontrol. kelas eksperimen menggunakan media boneka tangan sedangkan kelas kontrol menggunkan media gmabar (poster). Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas V-A dan kelas V-B di MI Al-Musdariyah tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas eksperimen 16 orang sedangkan kelas kontrol berjumlah 15 orang. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik karena tidak memenuhi uji prasyarat, yaitu uji normalitas data, sehinggan digunakan Uji Mann Whitney. Dari hasil analisis data melalui Uji Mann Whitney menunjukkan bahwa nilai asymp.sig sebesar asymp.sig (2-tailed) adalah 0,0015, yang berarti taraf sugnifikannya yaitu lebih kecil dari 0,05, maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas V yang mengikuti pembelajaran menggunakan media boneka tangan dengan siswa yang menggunakan media gambar (poster).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia; Keterampilan Berbicara; Media Boneka; Media Gamabar Poster
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Decorative Arts > Handicrafts
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tanti Yulia Damayanti
Date Deposited: 12 Dec 2024 02:37
Last Modified: 12 Dec 2024 02:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102432

Actions (login required)

View Item View Item