Pengaruh intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap kedisiplinan belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian korelasi di MI Aisyah

Hasanah, Fuji Widi Jannatun (2024) Pengaruh intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap kedisiplinan belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah: Penelitian korelasi di MI Aisyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masalah yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah Aisyah, berdasarkan hasil observasi menunjukkan bahwa aplikasi TikTok sedang ramai digunakan oleh siswa MI dan memengaruhi kedisiplinan belajar. Berdasarkan hasil pengamatan, siswa MI Aisyah memang terdapat indikasi negatif atas kedisiplinan belajar dan cenderung waktunya dihabiskan untuk menonton video di aplikasi TikTok. Adapun tujuan penelitian yang dirumuskan adalah untuk mengetahui intensitas penggunaan aplikasi TikTok, kedisiplinan belajar, hubungan intensitas penggunaan aplikasi TikTok dengan kedisiplinan belajar dan pengaruh intensitas penggunaan aplikasi TikTok terhadap kedisiplinan belajar siswa MI Aisyah. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan metode korelasi product moment. Teknik sampling yang digunakan ialah nonprobability sampling jenis sensus atau sampling total yakni seluruh pengguna aplikasi TikTok sebanyak 60 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data yang digunakan berupa analisis deskriptif, uji normalitas dan korelasi product moment. Hasil penelitian memperoleh nilai r_hitung > r_tabel yakni 0,296 > 0,254 hal ini menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel. Nilai koefisien korelasi sebesar -0,296, menunjukkan bentuk hubungannya rendah secara negatif yakni semakin tinggi intensitas penggunaan aplikasi TikTok maka semakin rendah kedisiplinan belajar. Nilai Koefisien Determinasi yang dihasilkan sebesar 8,8%, artinya sebanyak 8,8% intensitas penggunaan aplikasi TikTok memengaruhi kedisiplinan belajar siswa dan sebanyak 91,2% dipengaruhi oleh faktor lain di luar intensitas penggunaan aplikasi TikTok. Kesimpulannya, terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan aplikasi TikTok dengan kedisiplinan belajar siswa MI Aisyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi TikTok; Kedisiplinan Belajar; Metode Korelasi; Regresi Linier Seederhana
Subjects: Education, Research
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuji Widi Jannatun Hasanah
Date Deposited: 06 Jan 2025 00:55
Last Modified: 06 Jan 2025 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103149

Actions (login required)

View Item View Item