Aktivitas Digital Public Relations melalui akun instagram sebagai media komunikasi & informasi Rumah Sakit Edelweiss Bandung : Studi kasus akun Instagram @edelweisshospital

Rahmatulloh, Randi Raharja (2024) Aktivitas Digital Public Relations melalui akun instagram sebagai media komunikasi & informasi Rumah Sakit Edelweiss Bandung : Studi kasus akun Instagram @edelweisshospital. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Aktivitas Digital Public Relations Melalui Akun Instagram sebagai Media Komunikasi dan Informasi Rumah Sakit Edelweiss Kota Bandung Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi digital saat ini menciptakan perubahan signifikan dalam cara mendapatkan informasi. Perkembangan teknologi informasi ini dimanfaatkan oleh banyak pemangku kepentingan salah satunya praktisi Public Relations yang menggunakan internet sebagai media penyebaran informasi. Perkembangan teknologi ini dapat menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat. Digital Public Relations adalah kegiatan kehumasan yang mengintegrasikan teknologi digital dan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas digital public relations melalui akun Instagram @edelweisshospital dengan merujuk pada konsep The Circular Model of Some melalui empat tahapan, diantaranya adalah share (membagikan), optimize (mengoptimalkan), manage (mengelola), dan engage (melibatkan). Penelitian yang dilakukan ini berdasarkan paradigma konstruktivistik dengan menggunakan pendekatan studi kasus, untuk mendeskripsikan secara rinci dari tujuan penelitian. Peneliti mengguankan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan aktivitas digital public relations melalui akun instagram @edelweisshospital dengan menggunakan model The Circular Model of Some yang memiliki empat tahapan diantarannya yaitu : 1.) Share (membagikan) terdapat tiga aspek yaitu memanfaatkan media sosial instagram dalam penyebaran konten, menghubungkan publik dengan kegiatan live talk, dan menjaga kepercayaan publik dengan penayangan testimoni pasien. 2.) Optimize (mengoptimalkan) terdapat dua aspek yaitu melakukan riset sebagai bentuk perencanaan konten, dan pengembangan visual konten. 3.) Manage (mengelola) terdapat dua aspek yaitu evaluasi mingguan konten, dan responsif dari dm dan kolom komentar. 4.) Engage (melibatkan) terdapat dua aspek yaitu kerjasama dengan influencer dan konsistensi target audiens

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations; Konten Instagram; RS Edelweiss
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Randi Raharja Randi
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:50
Last Modified: 10 Jan 2025 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103318

Actions (login required)

View Item View Item