Pemahaman siswa terhadap materi jujur, amanah dan istiqomah hubungannya dengan karakter religious: Penelitian di kelas VIII SMP Plus Qurrata Ayun Garut

Nuridunya, Irpa (2022) Pemahaman siswa terhadap materi jujur, amanah dan istiqomah hubungannya dengan karakter religious: Penelitian di kelas VIII SMP Plus Qurrata Ayun Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN irpa nuridunya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di SMP PLUS Qurrata Ayun bahwa pemahaman siswa terhadap materi jujur amanah dan istiqomah itu sangat baik, hal itu dilihat dari prestasi belajar siswa yang mencapai nilai rata-rata diatas KKM hampir 80% siswa, akan tetapi sebagian siswa akhlaknya masih rendah, hal itu dilihat dari perilaku siswa terhadap temannya. Masih ada beberapa siswa yang masih membanding bandingkan teman nya dan ada sebagian siwa yang masih berkata bohong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemahaman siswa terhadap materijujur amanah dan istiqommah ; (2) Karakter Religius siwa di SMP PLUS Qurrata Ayun ; (3) Pemahaman siswa terhadap materi jujur amanah dan istiqomah hubungannya dengan karakter religius . Menurut Muhibbin Syah pemahaman merupakan ranah kognitif yang dapat mengendalikan ranah afektif dan psikomotik (Muhibbin, 2017:48). Dengan demikian keberhasilan pengembangan ranah kognitif tidak hanya akan membuahkan kecakapan kognitif tetapi juga menghasilkan kecakapan ranah afektif (Muhibbin, 2017:53). Dengan begitu siswa yang memiliki pemahaman yang baik terhadap materi jujur amanah dan istiqomah , maka karakter religiusnya akan lebih baik. Dari uraian tersebut diambil hipotesis semakin baik pemahaman siswa mengenai materi jujur amanah dan istiqomah , semakin baik pula karakter religiusnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun data penelitian diperoleh dengan teknik, tes, angket dan studi dokumentasi, dengan sampel 32 siswa, yakni 15% dari jumlah populasi 215 siswa kelas VIII di SMP PLUS Qurrata Ayun . Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Pemahaman siswa terhadap materi jujur amanah dan istiqomah memiliki skor nilai dengan rata-rata 82,4, sehingga dapat dikategorikan sangat baik; (2) karakter religius siswa memiliki skor nilai rata-rata 3,8, sehingga dapat dikategorikan baik; (3) Hubungan pemahaman siswa pada materi jujur amanah dan istiqomah dengan karakter religius siswa diperoleh angka 0,411 yang berkategori sedang karena berada pada interval 0,40-0,59. Berdasarkan perhitungan hasil uji hipotesis, diketahui thitung sebesar 2,467 dan ttabel sebesar 1,697. Dari hasi tersebut terbukti bahwa thitung lebih besar dari ttabel, yang artinya terdapat hubungan positif antara pemahaman siswa terhadap materi jujur amanah dan istiqomah dengan karakter religius siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Siswa, Materi jujur; amanah; istiqomah; karakter religius
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irpa Nuridunya
Date Deposited: 14 Jan 2025 03:40
Last Modified: 14 Jan 2025 03:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103382

Actions (login required)

View Item View Item