Jasmi, Hadifah Ikramina (2025) Penerapan model pembelajaran ALC (Active Learning Cycle) dalam meningkatkan kompetensi inkuiri matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (519kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (505kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan inkuiri matematis siswa kelas VII SMP pada materi bilangan bulat, yang terlihat kurang optimalnya kemampuan dalam merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, dan menyimpulkan hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas model pembelajaran ALC dalam meningkatkan kompetensi inkuiri matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Instrumen penelitian mencakup tes kompetensi inkuiri matematis, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran ALC secara signifikan meningkatkan kompetensi inkuiri matematis siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata posttest pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model ALC juga positif, dengan persentase respon positif sebesar 75% hingga 100%. Kesimpulannya, model pembelajaran ALC efektif dalam meningkatkan kompetensi inkuiri matematis siswa, dan disarankan untuk diterapkan lebih luas dalam pembelajaran matematika, khususnya pada topik bilangan bulat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Learning Cycle; Integers; Mathematical Inquiry Competence |
Subjects: | Education Mathematics Mathematics > Mathematicians |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hadifah Ikramina Jasmi |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 04:39 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 04:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103414 |
Actions (login required)
View Item |