Penerapan model pembelajaran ALC (Active Learning Cycle) dalam meningkatkan kompetensi inkuiri matematis peserta didik

Jasmi, Hadifah Ikramina (2025) Penerapan model pembelajaran ALC (Active Learning Cycle) dalam meningkatkan kompetensi inkuiri matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan inkuiri matematis siswa kelas VII SMP pada materi bilangan bulat, yang terlihat kurang optimalnya kemampuan dalam merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, dan menyimpulkan hasil pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas model pembelajaran ALC dalam meningkatkan kompetensi inkuiri matematis siswa. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest. Instrumen penelitian mencakup tes kompetensi inkuiri matematis, angket respon siswa, dan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran ALC secara signifikan meningkatkan kompetensi inkuiri matematis siswa, yang ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata posttest pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan model ALC juga positif, dengan persentase respon positif sebesar 75% hingga 100%. Kesimpulannya, model pembelajaran ALC efektif dalam meningkatkan kompetensi inkuiri matematis siswa, dan disarankan untuk diterapkan lebih luas dalam pembelajaran matematika, khususnya pada topik bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Active Learning Cycle; Integers; Mathematical Inquiry Competence
Subjects: Education
Mathematics
Mathematics > Mathematicians
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Hadifah Ikramina Jasmi
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:39
Last Modified: 14 Jan 2025 04:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103414

Actions (login required)

View Item View Item