Munajat, Dedi (2024) Bimbingan Agama Islam untuk meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar siswa Broken Home : Penelitian pada BK Pondok Modern Al-Aqsha Jatinangor Sumedang. Masters thesis, uin sunanan gunung djati bandung.
|
Text
1_COVER.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
2_ABSTRAK.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
Text
3_DAFTAR ISI.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
4_BAB I.pdf Download (691kB) | Preview |
|
![]() |
Text
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (398kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini pada dasarnnya menganalisis bagaimana peroses bimbingan agama kepada santri yang broken home di Pondok Modern Al Aqsha. Penelitian ini dapat mengetahui sejauh mana bimbingan agama ini dilakukan. Mengacu pada fokus penelitian, penelitian ini terfokus layana, pelaksanaan, factor pendukung dan penghambat bimbingan agama terhadap santri yang broken home. Oleh karena itu berdasarkan fokus penelitian tersebut, landasan pemikiran ini membahas tentang 1) Bagaimana kondisi rasa percaya diri peserta didik, 2) Bagaimana motivasi peserta didik broken home, 3) Bagaimana Penerapan Bimbingan Agama Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar Siswa Broken Home, dan factor apasajakah yang menghambat pelaksanaan bimbingan agama tersebut. Layanan yang digunakan dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi belajar peserta didik broken home, sebagaimana terurai jenis-jenis layanan bimbingan konseling adalah 1) layanan orientasi agama, 2) layanan informasi keagamaan kepada siswa, bagaimana mendapatkan informasi yang baik, 3) layanan penempatan dan penyaluran bakat keberagamaan siswa , 4) layanan bimbingan pengajian agama, yang setiap siswa mendapatkan layanan ini, 5) layanan konseling dan bimbingan agama kelompok siswa dan 6)layanan konseling agama individu ada masing-masing siswa. pelaksanaan bimbingan konseling agama yang dilaksanakan di Pondok Modern Al-Aqsha Jatinagor berbentuk 1) Kelas bina karakter, 2) ceramah dan diskusi agama, 3) bimbingan konseling individu atau bimbingan konsultasi, 4) kegiatan amal sosial, 5) halaqoh Al-Qur’an ibadah solat berjamaah tepat waktu, 6) istighosah mingguan, 7) Ziarah kubur di malam jum’at, 8) hotmil qur’an, One day One Juz (ODOZ), 9) kajian kitab kuning, 10) seminar motivasi, 11) muhadloroh, 12) kepramukaan dan wisata religi. Faktor pendukung layanan bimbingan agama yang digunakan berupa 1) nilai- nilai Islam bisa mampu melayani layanan bimbingan agama yang bersumber pada al-Qur’an dan al-Hadis, 2) Jumlah pembimbing khususnya di kamar yang memadai satu orang pembimbing membawahi kurang lebih 30-40 santri setiap kamarnya, 3) materi atau kegiatan yang mendukung terjadinya layanan bimbingan agama, sedangkan paktor penghambat layanan ini yaitu 1) masih kurangnya guru bimbingan konseling, pembimbing kamar yang kurang mempuni dalam menyampaikan bimbingan di sebabkan karena faktor pendidikan yang berbeda-beda, dan 2) kurangnya waktu dan materi untuk melaksanakan bimbingan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Agama Islam; Percaya diri; Motivasi; Broken Home; |
Subjects: | Ethics of Family Relationships Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Household Management and Personal Life |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Dedi Munajat |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:04 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103514 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |