Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran IPAS di kelas V MI Nurul Falah Cileles

Rahayu, Nida Sri (2024) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script pada mata pelajaran IPAS di kelas V MI Nurul Falah Cileles. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Untitled (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nida Sri Rahayu. 1202090064. 2024. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas V MI Nurul Falah Cileles” (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPAS pokok bahasan IPS. Dengan jumlah 24 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, hanya 33,33% yang nilainya mencapai KKM. Penyebabnya siswa masih belum ikut secara aktif dalam kegiatan belajar baik dalam hal bertanya dan menyampaikan argumennya ketika diskusi. Siswa belum mampu memberikan penjelasan secara jelas ketika menjawab pertanyaan yang diajukan. Dan kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1. kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Cooperative Script pada mata pelajaran IPAS pokok bahasa IPS di kelas V MI Nurul Falah Cileles. 2. gambaran proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dalam mata pelajaran IPAS pokok bahasa IPS di kelas V MI Nurul Falah Cileles pada setiap siklusnya. 3. kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dalam pembelajaran IPAS pokok bahasa IPS di kelas V MI Nurul Falah Cileles pada setiap siklusnya. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes uraian, dan dokumentasi. Pelaksanaan dalam penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II setiap masing-masing siklus terdiri dari dua tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa pada prasiklus adalah 59,67 (cukup) dengan persentase ketuntasan klasikal 33,33% (kurang). Penerapan model Cooperative Script dalam pembelajaran IPS pada siklus I terhadap aktivitas guru mendapatkan persentase sebesar 76,46% (baik) dan aktivitas siswa 70,41% (cukup). Sedangkan pada siklus II aktivitas guru 91,17% (baik sekali) dan aktivitas siswa 84,16% (baik). Setelah penerapan model Cooperative Script mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan rata-rata nilai siklus I sebesar 70,25 persentase ketuntasan klasikal 62,5% (baik). Dan siklus II rata-rata nilai77,75 dengan persentase ketuntasan klasikal 87,5% (baik). Dengan demikian penerapan model pembelajaran Cooperative Script terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas V pada mata pelajaran IPAS pokok bahasa IPS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Script; Kemampuan Berpikir Kritis; IPAS
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nida nida nida
Date Deposited: 23 Jan 2025 04:31
Last Modified: 23 Jan 2025 04:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103572

Actions (login required)

View Item View Item