Utari, Muhammad (2023) Pengaruh model pelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir ilmiah siswa pada materi sistem reproduksi manusia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
![]() |
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BEBAS PLAGIARISME)
3_bebasplagiarisme.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk pembaharuan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas belajar siswa yang bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran materi sistem reproduksi manusia dengan dan tanpa model PBL, untuk mengetahui kemampuan berfikir ilmiah siswa pada materi sistem reproduksi manusia dalam pembelajaran dengan dan tanpa model PBL, untuk menganalisis pengaruh model PBL terhadap kemampuan berfikir ilmiah siswa pada materi sistem reproduksi manusia, ntuk mengetahui Bagaimana respon peserta didik terhadap pembelajaran materi sistem reproduksi manusia dengan dan tanpa model PBL Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan cara purposive sampling. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa instrument tes yaitu pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini yaitu keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa sebesar 90% setelah menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa berdasarkan hasil analisis pada uji t yaitu sebesar 0,00 < 0,05 yang menunjukan adanya pengaruh bersignifikan. Siswa merespon dalam proses pembelajaran dengan rata-rata nilai 51%. Dan pada model pemebelajaran tanpa PBL memeproleh nilai rata-rata 50 % Nilai rata-rata pada setiap aspek tersebut menunjukan respon baik terhadap Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran PBL, Kemampuan Berpikir Ilmiahs, Siswa, Sistem Reproduksi |
Subjects: | Education Elementary Education > Science for Elementary Education Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Utari Muhammad |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 05:54 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 06:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103620 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |