Husyahiri, Sultan Azzam (2024) Wacana dakwah Islam dalam pemberitaan media online : Analisis wacana kritis artikel keislaman di situs www.ayobandung.com edisi bulan Ramadhan 1444 H. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (350kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
Abstract
Media online (pers) sebagai alat komunikasi massa berbasis internet telah memberikan spirit kreatif dan inovasi baru bagi para praktisi dakwah. Hal itu dapat dilihat dari aktivitas dakwah yang sebelumnya dilakukan secara terbatas (ruang/waktu), kini telah terkonversi dengan jaringan internet sehingga menghasilkan beragam jenis materi, strategi, dan pola pengemasan dakwah yang lebih dinamis serta inovatif. Portal media online www.ayobandung.com pada edisi bulan Ramadhan 1444 H, memproduksi konten-konten (artikel) keislaman (dakwah) yang berkaitan dengan fenomena sosial dan isu problematika keseharian, sehingga pesan dakwah yang disampaikan tidak hanya bersifat doktrinitas (tekstual), melainkan secara kontekstual menyesuaikan dengan minat dan selera pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstruksi wacana dakwah Islam yang terdapat dalam pemberitaan media online www.ayobandung.com edisi bulan Ramadhan 1444 H. Metode yang digunakan yaitu analisis wacana kritis model Teun A. Van Dijk yang terdiri dari analisis teks (struktur teks), kognisi sosial dan konteks sosial (analisis sosial). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta paradigma kritis yang bersumber dari data utama berupa dokumen-dokumen artikel yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data berjenis studi dokumentasi serta wawancara mendalam. Adapun informan yang dipilih diantaranya terdiri dari penulis (wartawan), editor dan redaktur media online www.ayobandung.com. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi wacana dakwah Islam yang terdapat pada pemberitaan artikel di media online www.ayobandung.com edisi bulan Ramadhan 1444 H, menunjukkan konstruksi (pembangunan) wacana dakwah Islam kontemporer yang adaptif terhadap dinamika zaman dan kebutuhan masyarakat modern. Artikel-artikel tersebut mengangkat isu-isu aktual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, khususnya di bulan Ramadhan. Melalui gaya penyampaian yang sederhana, bahasa kontekstual, serta materi dakwah yang menekankan terhadap penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, wacana dakwah yang disajikan juga memberikan solusi atas problematika keumatan baik spiritual, moral, maupun sosial. Sehingga artikel-artikel yang dipublikasikan dalam pemberitaan tersebut menghadirkan wajah dakwah Islam yang relevan dan responsif terhadap tantangan zaman, serta kebutuhan masyarakat modern.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Wacana; Dakwah; Media Online |
Subjects: | Islam Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Sultan Azzam Husyahiri |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 03:23 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 03:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103676 |
Actions (login required)
View Item |